Pidato Imlek, SBY Singgung Nasib Buruh

Presiden SBY pidato soal kasus Century dan Bibit-Chandra
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/Abror Rizki

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan, perayaan tahun baru Imlek kini bukan hanya milik Umat Konghucu dan masyarakat Tionghoa. Menurutnya, tradisi itu telah menjadi pesta rakyat di seluruh pelosok tanah air.

Dia merujuk pada semarak atraksi barongsai, temaram beraneka lampion, dan beragam asesori budaya etnis Tionghoa, telah menghiasi perayaan Imlek di berbagai daerah.

"Ini menunjukkan bahwa bangsa kita, benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, meneguhkan semangat Bhineka Tunggal Ika, dan memberi ruang besar bagi masyarakat Tionghoa tanpa ada lagi sikap diskriminasi," kata SBY saat memberi sambutan pada perayaan tahun baru Imlek 2563 di Plenary Hall JCC, Jakarta, Jumat 3 Februari 2012.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

"Kenyataan ini patut kita syukuri, selain merupakan pengakuan, penghargaan, dan penghormatan, kepada etnis Tionghoa dan umat Konghucu, sekaligus juga menjadi bagian terpadu dari mozaik keragaman etnis dan budaya bangsa kita yang majemuk."

Menurut dia, hal itu menunjukkan makin kokohnya kebersamaan sebagai bangsa yang multikultural. Menurutnya, kebersamaan antara etnis Tionghoa dengan berbagai etnis lainnya di seluruh tanah air, telah menjadi kesadaran bersama untuk saling menghormati dan menerima perbedaaan yang ada. "Melalui perayaan tahun baru Imlek, persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa, harus makin kuat dan makin kokoh," ujarnya.

SBY mengungkapkan, momentum tahun baru Imlek merupakan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi, evaluasi, dan tranformasi diri, menuju kebijaksanaan, kepekaan sosial, dan kemulyaan. "Kita juga dapat membangun kebersamaan, menjalin kesetia-kawanan, dan menumbuhkan kepedulian di antara sesama warga bangsa," ujarnya.

Menurutnya, di tengah keragaman dan kemajemukan, kita harus mengedepankan sikap saling menghormati dan bertenggang rasa. "Mari kita tingkatkan kesetiakawanan dan rasa kebersamaan dengan sesama warga bangsa. Tingkatkan pula keluhuran budi, sikap solidaritas, dan lebih banyak berbuat kebajikan," ujarnya.

SBY mencontohkan, kepedulian yang bisa dilakukan bagi yang bergerak di dunia usaha, dari komunitas dan kalangan manapun, untuk memberikan penghargaan kepada para buruh dengan mengedepankan sisi keadilan.

Menurutnya, Indonesia patut bersyukur kondisi perekonomian terus membaik, dan dunia usaha juga terus tumbuh. Pertumbuhan ekonomi dan dunia usaha, tentu harus diikuti pula oleh kesejahteraan para buruh.

"Saya berharap, kalangan dunia usaha dapat menyesuaikan upah buruh sesuai dengan kemampuan dan skala perusahaan saudara. Kita perlu mengedepankan rasa keadilan," ujarnya.

Menurut dia, alangkah tidak adilnya, jika perusahaan terus meningkat dengan keuntungan berlipat, tetapi para buruhnya tidak meningkat kesejahteraan dan penghasilannya.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

"Kita tidak boleh hanya menunggu para buruh harus terus menerus menuntut keadilan. Kita harus arif dan sadar memikirkan taraf hidup mereka. Mari kita cari solusi terbaik, agar kehidupan para buruh lebih sejahtera, dan kalangan dunia usaha juga dapat terus tumbuh dan berkembang. Suatu keadaan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak," ujarnya.

Yudhoyono juga mengimbau  para pekerja agar tidak perlu melakukan tindakan yang mengganggu kepentingan masyarakat luas. "Salurkan aspirasi saudara-saudara secara tertib dan damai," ujarnya. (umi)

Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024