Bandara Pontianak Rusak, Operasi Dihentikan

Bandara Supadio Pontianak
Sumber :
  • Antara/ Jessica Wuysang

VIVAnews - Landasan pesawat di Bandara Supadio, Pontianak, mengalami kerusakan yang cukup parah. Hal ini menyebabkan seluruh pesawat tidak bisa mendarat di bandara tersebut hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

Menurut General Manajer PT Angkasa Pura II Cabang Bandara  Supadio Pontianak, Normal Sinaga, kerusakan ini terjadi pada pukul 15.00 WIB, Sabtu, 4 Februari 2012.

Sambut Hari KI Sedunia, RuKI Bergerak Berikan Edukasi ke Seluruh Indonesia

"Landasan bandara Supodia terkelupas ataupun jebol, dan sekarang ini lubang-lubang yang terkelupas itu tengah diperbaiki," kata Normal Sinaga kepada VIVAnews.com.

Normal menjelaskan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kerusakan. Salah satunya adalah desain konstruksi.

"Mungkin dulu desain konstruksi bandara bukan untuk pesawat-pesawat besar, sedangkan saat ini pesawat yang lepas landas di bandara mayoritas pesawat besar, sehingga tidak mampu menanggung beban," katanya.

Selain itu, tipe tanah di bawah aspal landasan pesawat bandara Supodia adalah tanah gambut. Sehingga, tanah yang utamanya terbentuk di lahan-lahan basah ini cepat membuat rusak aspal.

Pejabat Sementara General Manager Garuda Indonesia Pontianak, Sony Pongoh, mengatakan pihaknya merasa sangat dirugikan atas insiden ini. "Sekarang ini sedang ramai penumpang, dan kami sangat mengalami kerugian besar," katanya.

Sony menuturkan kerugian terbesar yang dialami pihaknya adalah pada bahan bakar minyak (BBM) pesawat. Akibat tidak bisa mendarat di Bandara Supadio, pesawat harus kembali ke Bandara Soekarno-Hatta. "Ini kan jadi bolak-balik," ujarnya, kesal. (kd)

Hotman Pandapotan Siahaan (kanan)

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

PDIP Sumbar menang gugatan atas kadernya yang menggugat pencopotan sebagai anggota DPRD dan digantikan PAW

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024