Menhub: Hasil Tes, Tak Semua Pilot 'Bersih'

Pilot
Sumber :

VIVAnews - Insiden pilot tertangkap tangan memiliki narkoba jenis sabu-sabu, membuat publik mengelus dada. Ngeri membayangkan bergantung nyawa selama penerbangan yang dijalankan penerbang yang tak sepenuhnya sadar.

Terkait kasus itu, Menteri Perhubungan, EE Mangindaan mengatakan, sudah menyurati pihak maskapai agar mencabut lisensi pilot yang ketahuan memakai sabu. Tes urin pun telah dilakukan. Hasilnya, tidak semua pilot bersih sabu.

"Kami suratkan ke airlines, kami sarankan memang lisensinya dicabut. Kemarin kami juga adakan tes dadakan, tes urin untuk beberapa pilot. Sebagian besar masih bersih, ada juga yang tidak," kata Mangindaan di Kantor Presiden, Rabu 8 Februari 2012.

Menurutnya, sudah ada kerjasama antara Badan Narkotika Nasional dan Kemenhub yang dituangkan dalam peraturan bersama. Tujuannya, agar tetap terjaga keselamatan transportasi bukan hanya udara, tapi laut dan darat.

"Ada saran dari BNN untuk medical check up jangan per 6 bulan lagi, mungkin ada incognito yang bergerak," katanya.

Namun demikian, pihaknya masih mengkaji bagaimana teknisnya. Agar, pelaksanaan tes itu tidak mengganggu jadwal penerbangan.

Menurut Mangindaan, saat ini sedang dimatangkan peraturan agar kru pesawat juga melewati pendeteksi metal. "Jadi supaya keselamatan penerbangan dan bagaimana kita cek misalnya kru pesawat juga nggak boleh begitu saja bebas masuk di bandara dia juga harus lewat detektor," ujarnya.

Menhub mengakui, kabar pilot memakai narkoba sudah lama terdengar, namun baru ada buktinya sekarang. Pihaknya juga sedang menelusuri informasi yang menyebut dan ternyata ada awak udara yang menjadi pengedar.

Selain pilot, apakah peringatan juga diberikan pada pihak maskapai? "Peringatan sudah pasti, jangan sampai dampak sosial nggak kita perhitungkan. Bayangkan kalau kami berhentikan satu airlines."

Kasus pilot nyabu kembali terungkap saat BNN membekuk pilot Lion Air berinisial SS. Tak hanya barang bukti sabu seberat 0,4 gram dan alat penghisap, di tubuh pilot itu juga terpapar barang haram.

Kejadian Sabtu 4 Februari 2012 itu bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, aparat juga mencokok pilot berinisial HA. Pertengahan 2011 lalu, dua penerbang, pilot MN dan kopilot HT dibekuk saat pesta sabu. Juga 6 April 2011 lalu seorang pramugari tertangkap tangan menyimpan sabu di pakaian dalam. Semua dari maskapai yang sama. (umi)

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan
Keluarga Parto

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Eko Patrio juga bersyukur penyakit batu ginjal yang diderita oleh Parto belum menjalar ke mana-mana atau membahayakan organ lainnya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024