Kerabat Yakin Soeharto Jadi Pahlawan Nasional

Soeharto
Sumber :
  • Buku 'Pak Harto, The Untold Stories'

VIVAnews – Keluarga besar mantan Presiden Soeharto menyambut keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak uji materi UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang dimohonkan sejumlah aktivis 1998.

Gatot Nugroho, salah satu kerabat Soeharto di Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengatakan keputusan MK itu merupakan angin segar dan kabar gembira karena membuka peluang Soeharto menjadi pahlawan nasional.

“Perjuangan Pak Harto saat memimpin Indonesia telah diakui dunia internasional. Indonesia menjadi negara yang disegani negara lain, sehingga sudah layak jika pemerintah memberikan gelar pahlawan kepada almarhum Soeharto,” kata Gatot di Bantul, Jumat 10 Februari 2012.

Ia meminta masyarakat untuk tidak selalu melihat hal-hal buruk dari kepemimpinan Soeharto, apalagi bila menjadikan itu sebagai komoditas politik yang sengaja ditujukan untuk mengganjal pemberian gelar pahlawan kepada Soeharto.

Kerabat Soeharto sendiri akan terus berjuang agar Soeharto bisa dijadikan pahlawan nasional. “Jika berlaku secara fair, maka Soeharto sangat mungkin menjadi pahlawan,” kata Gatot.

Ia berharap pertimbangan tentang pemberian gelar kepada Soeharto tidak dipolitisir. Menurut Gatot, lebih baik hal itu diserahkan sepenuhnya kepada lembaga negara yang berwenang.

Sejumlah aktivis 1998 sebelumnya mengajukan uji materi atas UU tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan karena khawatir Soeharto diberi gelar pahlawan. Menurut salah satu pemohon, Ray Rangkuti, status Soeharto belum jelas apakah layak disebut pahlawan atau tidak.

Pemohon pun meminta UU tidak memberikan gelar pahlawan kepada militer aktif atau purnawirawan – status yang disandang Soeharto sebagai veteran TNI. Namun permohonan itu dengan tegas ditolak MK.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024