Belum Diaktifkan, Walikota Bekasi Mengadu

Ekspresi Walikota Bekasi Mochtar Muhammad saat divonis bebas korupsi
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Walikota Bekasi nonaktif Mochtar Mohammad mengadukan nasibnya kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Kabareskrim, dan Jampidum Kejaksaan Agung. Meski telah diputus bebas dari kasus korupsi, Mochtar resah karena tak kunjung diaktifkan kembali sebagai walikota.

Dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat 10 Februari 2012, Mochtar mempertanyakan sikap Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang belum mengaktifkan dirinya kembali. "Dalam undang-undang, apabila putusan bebas murni, 1 sampai 30 hari walikota diaktifkan kembali," kata Mochtar.

Mochtar mengaku tidak tahu kenapa Gamawan belum melangkah. "Saya yang sudah diputus bebas murni, sampai hari ini Mendagri belum mengeluarkan SK pengaktifan, padahal Gubernur sudah mengeluarkan SK pengaktifan," ungkapnya dalam diskusi yang juga dihadiri Megawati itu.

Majelis Hakim Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi di PN Bandung memutus bebas Mochtar Mohammad dalam sidang yang digelar Selasa 11 Oktober 2011. Empat perkara korupsi yang didakwakan jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Mochtar, mentah semua.

Keempat kasus yang didakwakan kepada Mochtar itu adalah suap Piala Adipura 2010, penyalahgunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi, suap kepada BPK, dan penyalahgunaan anggaran makan-minum yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp5,5 miliar. (kd)

Eksploitasi Anak Live di Tiktok, Zamanueli Pengelola Panti Asuhan Divonis 5 Tahun Penjara
Desa wisata Jatiluwih di Tabanan, Bali

5 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum

Dalam waktu dekat ini, Bali juga akan menjadi tuan rumah event dunia dalam ajang World Water Forum Ke-10. Forum Air Dunia

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024