Rusuh Maluku, 3.000 Warga Mengungsi

Kebakaran di Mangga Besar Hanguskan Ratusan Rumah
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pasca konflik antar warga,  sebanyak 3.000 warga Desa Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, akhirnya mengungsi di beberapa desa tetangga, seperti Desa Rohomoni, Desa Kabauw, dan Desa Kailolo. Bahkan sebagian lain memilih ke Kota Ambon dan Masohi.

Konflik yang terjadi pada Jumat 10 Februari itu telah menghanguskan 400 rumah lebih, enam orang meninggal dunia, puluhan warga lain luka-luka.

Bupati Maluku Tengah Abdulah Tuasikal saat mengunjungi Tempat Kejadian Perkara (TKP) menyatakan, data korban kemungkinan bisa terbatambah karena fakta di lapangan menggambarkan kondisi di mana sebagian besar rumah warga Pelauw sudah hangus terbakar.  "Kami masih terus memperbarui data," kata Tuasikal kepada wartawan di Pelauw, Minggu 12 Februari 2012.

Menurut Tuasikal, untuk melakukan rekonsilisasi dan perdamaian, pemerintah kabupaten terlebih dahulu mefokuskan kegiatan kepada pembangunan rumah ketimbang proses-proses perdamaian antar warga. Alasannya rumah adalah harapan utama setiap warga.

Akan tetapi, proses pembangunan kembali pemukiman membutuhkan dana hingga Rp20 miliar. Dana tersebut tidak bisa dibebankan kepada pemerintah Kabupaten Maluku Tengah semata, perlu juga bantuan dari pemerintah provinsi serta pemerintah pusat. "APBD kami sedikit," katanya.

Menyinggung akar masalah sehingga terjadinya bentrok kemanusiaan tersebut, Tuasikal menilai karena adanya perdebatan soal keyakinan terkait penanggalan hijiriyah sesuai dengan adat dan istiadat yang dianut warga.  "Ini soal keyakinan yang sulit disatukan, tapi usaha untuk rekonsiliasi akan tetap kami tempuh," ujar Tuasikal.

Sementara itu situasi terakhir desa Pelauw kembali kondusif. Tak ada lagi saling serang dan saling bakar. Pasalnya Desa dengan jumlah penduduk mendekati 6.000 jiwa itu kini hanya diduduki oleh satu kelompok.

"Sudah aman," kata Perwira Tinggi penanganan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Desa Peluaw, Kombes Pol I Putut Prayogi kepada wartawan di Kantor Polsek Pulau Haruku, Minggu.

Kepolisian menempatkan 150 personel atau 2 satuan setingkat kompi (SSK) yang berasal dari berbagai kesatuan di Polda Maluku, sebagai langkah antisipatif penyerangan balik.

Terpopuler: Teuku Ryan Tertekan Jadi Suami Ria Ricis, Nikita Mirzani Bongkar Aib Rizky Irmansyah
Borussia Dortmund ke final Liga Champions

Borussia Dortmund Melangkah ke Final Liga Champions usai Tekuk PSG di Kandang

Borussia Dortmund melangkah ke babak final Liga Champions 2023-2024 setelah mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 1-0 di Stadion Parc des Princes, Paris Rabu.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024