Banjir Bertahun, Warga Keluhkan Drainase

Banjir di Tubagus Angke
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sejak siang hingga malam hari ini, hujan terus turun di beberapa daerah di Sulawesi Utara. Salah satunya Kota Bitung, kota langganan banjir yang sudah bertahu-tahun dikeluhkan warga.  Lokasi banjir kali ini berada di bagian kampung Tinombala, warga yang berpemukim di daerah itu mengeluh akibat drainase yang tidak memadai belum diperhatikan pemerintah.

Tentu saja ini meresahkan warga. Kasman, seorang warga Tinombala, mengatakan bahwa pemerintah selayaknya bisa memperhatikan drainase yang ada di pemukiman mereka. "Mudah-mudahan hujan tidak turun terus, karena drainase sudah tidak berfungsi," ujarnya, kepada VIVAnews.

Air yang meluap setinggi paha orang dewasa itu hingga kini masuk ke pemukiman warga. Mereka disibukan untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam rumah mereka. Tapi apa daya, cuaca hujan sampai malam ini belum kunjung berhenti.

Pemerintah Kota Bitung juga dinilai belum bisa memperhatikan bencana banjir di daerah itu dengan bukti bahwa warga sudah bertahun-tahun mengeluhkan hal ini.

Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini agar waspada terhadap potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang pada sore-malam hari, 13 Februari 2012.

Prakiraan cuaca di Sulawesi Utara hari ini di Kota Manado, Kota Kotamobagu, Kota Tomohon, Kota Bitung, Ondong Siau, Boroko, Ratahan, Air Madidi, Amurang, Melongguane, Tahuna, Tondano dan Lolak mengalami cuaca hujan ringan hingga esok hari dan hanya Melongguane yang diperkirakan akan terjadi hujan sedang dengan Suhu 24 - 31 °C, kelembaban 70 - 95 persen, dan kecepatan angin 20 km/jam.

Acara Met Gala Berlangsung, Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Penuhi Jalanan New York
Pianis Muda Indonesia, Jonathan Kuo

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

Peningkatan kemampuan Jonathan Kuo juga tidak luput dari pengakuan mentornya, Iswargia R Sudarno, yang melihat potensi besar sebagai seorang pianis solois.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024