Pasca-Rusuh, Napi Kerobokan Joget Bersama

Lapas Kerobokan dijaga tentara
Sumber :
  • ANTARA/ Nyoman Budhiana

VIVAnews - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar yang baru, I Gusti Ngurah Wiratna punya cara sendiri meredam stres dan amarah narapidana di sana setelah dua kerusuhan, beberapa waktu lalu. Wiratna mengajak napi bernyanyi dan berjoget bersama, hari ini.

"Kami sedang berpesta ria, outbond, joget dan nyanyi bersama lah. Petugas dan napi sudah bersalaman dan berpelukan," kata Wiratna saat dihubungi VIVAnews. Wiratna harus bersuara lebih keras karena bersaing dengan suara musik yang keras terdengar di belakang.

Kegiatan bersama ini, imbuhnya, diawali kerja bakti petugas dan napi sedari pagi untuk membersihkan puing-puing sisa kebakaran akibat kerusuhan. Menurutnya, kondisi Lapas Kerobokan sudah sangat kondusif. 

Hari pertama masuk kerja sebagai Kalapas, Wiratna sempat dikawal kepolisian. Hal yang sama juga dialami Kepala Pengamanan Lapas Kerobokan yang baru, Wayan Agus Miarda. "Setelah melakukan pendekatan dan memperkenalkan diri bahwa saya Kalapas baru di Kerobokan, ternyata saya diterima dengan baik. Terima kasih kepada teman-teman media yang telah mendukung tugas saya ini," ujar Wiratna.

Kesempatan itu pun dimanfaatkan dengan baik oleh Wiratna untuk melakukan rekonsiliasi dengan seluruh napi. "Sekarang kami semua berbaur di aula besar, seluruh napi, petugas, bersalaman dan berpelukan."

Puing-puing bekas kebakaran dan reruntuhan lainnya dibersihkan secara bersama-sama oleh seluruh napi. Wiratna mengaku dirinya dipercayakan oleh Dirjen Pemasyarakatan kemenkumham untuk segera membenahi seluruh situasi Lapas Kerobokan pasca-kerusuhan lebih tiga hari berturut-turut. Ia mengaku saat ini suasana sudah pulih 100 persen.

Sesuai instruksi atasannya, dia ingin membenahi seluruh manajemen yang ada di lapas terbesar di Bali itu. Perhitungan kerugian belum bisa dilakukan dan saat ini sedang membenahi berbagai kerusakan yang terjadi.(umi)

Terpopuler: Konversi Motor Listrik Tidak Gratis, Harga Innova Zenix Naik
Pemain Oxford United merayakan gol

Oxford United Tumbangkan Peterborough di Semifinal Playoff League One Inggris

Oxford United berhasil meraih kemenangan semifinal playoff leg-1 League One Inggris musim 2023-2024, melawan Peterborough 1-0 di Stadion Kassam, Minggu dini hari, 5 Mei.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024