TNI Duga Bahan Peledak Bandung Kadaluarsa

Tas Diduga Bom
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kodam III Siliwangi menduga bahan peledak beserta amunisi peluru tajam yang ditemukan di bak sampah rumah warga di Jalan Natuna nomor 87, Bandung, merupakan amunisi kadaluarsa. Meski demikian, dugaan ini masih belum bisa dibuktikan.

"Bisa saja itu disimpan anggota yang tidak aktif atau purnawirawan. Dulunya disimpan karena tidak tahu berbahaya, lalu asal main buang saja," kata Kepala Penerangan Kodam III Siliwangi, Kolonel Benny Efendy di ruang kerjanya, Rabu 29 Agustus 2012.

Meski begitu, TNI akan melakukan investigasi dan memeriksa persediaan bahan peledak dan amunisi yang ada di gudang. Karena salah satu jenis amunisi yang ditemukan yakni kaliber 5,56 mm merupakan amunisi yang biasa digunakan TNI. Polri, khususnya Brimob, juga biasa menggunakan jenis ini.

Benny menyatakan, jika memang benar itu milik TNI baik anggota aktif ataupun tidak, maka akan diberi sanksi. "Sanksinya akan kami sesuaikan. Kalau purnawirawan kita berikan arahan. Kalau TNI aktif, akan kami lihat apa motifnya," tegas dia.

Kodam III Siliwangi siap membantu Polri dalam hal mengungkap siapa yang bertanggung jawab atas teror Selasa kemarin. Benny menegaskan, temuan ini tidak terkait sama sekali dengan rencana kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis besok di Bandung.

Kendati begitu, Kodam III akan menyiagakan sekitar 1.200 personel jelang kedatangan Presiden SBY dalam rangka puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, di Gedung Merdeka Bandung.

Sementara, Polda Jabar akan mengerahkan sedikitnya 1.452 personel Polri. Terkait kedatangan SBY ke Bandung, Polrestabes tidak akan melakukan penutupan jalan di kota Bandung.

"Tidak ada penutupan, hanya dikurangi saja volume kendaraannya. Dalam arti dialihkan agar jalur yang akan dilalui SBY tidak full dilalui kendaraan seperti biasanya," kata Kasubag Humas Polrestabes Bandung Komisaris Polisi Rosdiana. (umi)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024