Letusan Gunung Lokon Terdengar Hingga Manado

Gunung Lokon Meletus
Sumber :
  • ANTARA/Jemmy

VIVAnews - Gunung Lokon di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara kembali aktif. Bunyi letusan dahsyat gunung itu terdengar hingga ke Kota Manado, pukul 18.53 Sabtu 15 September 2012.

"Letusan gunung di Kota Tomohon itu terdengar hingga ke Kota Manado, padahal jarak Manado dan Tomohon cukup jauh, itu sekitar 35 km" kata Juli warga yang tinggal di Kelurahan Kleak, Kota Manado.

Ketua Pos Pemantau Gunung Lokon, Farit Bina saat dihubungi VIVAnews menuturkan, letusan Lokon diawali dengan letusan eksplosif. Ketinggian asap yang dipantau secara visual setinggi 1500 meter dari kawah Tompaluan.

"Letusan strombolian atau lontaran material pijar dengan ketinggian sekitar 600 meter," kata Farit.

Secara terpisah, Hoyke Makarawung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sulawesi Utara saat dikonfirmasi mengatakan saat ini dilarang adanya aktivitas masyarakat dalam radius 1,5 Km dari kawah Tompaluan.

"Telah ada petugas di lokasi dan masyarakat diimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 1,5 km dan ini sudah dilaporkan ke gubernur. BNPB Sulut tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat serta instansi terkait," kata Hoyke. (eh)

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24
Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024