Jenazah 2 Polisi Poso Ditemukan di Sarang Teroris

Penggeledahan Rumah Mertua Terduga Muchamad Syarif
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Briptu Andi Sapa dan Brigadir Sudirman akhirnya ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa setelah hilang delapan hari. Kedua jenazah ditemukan dalam satu lubang yang dalamnya hanya sekitar 1 meter.

Tim pencarian dari anggota TNI personil anggota 714/SM pertama kali curiga saat menemukan sebuah helm di atas gundukan tanah seperti galian baru. Berawal dari itu, keberadaan dua anggota polisi yang hilang saat mengintai kawanan teroris akhirnya terkuak.

Awalnya, sebanyak 1 peleton anggota Yonif 714/SM sedang dalam perjalanan kembali usai mengambil logistik makanan. Dalam perjalanan Praka Dance M yang ditemani Pratu Ilham, izin buang air besar di sungai kecil.

Sekitar pukul 11.30 Wita, Praka Dance M berjalan ke arah Lembah Kampung Tamanjeka, Desa Masani, Kecamatan Poso, Pesisir Kabupaten Poso. Dance dan Ilham kemudian melihat helm warna hitam merk INK.

Di bawah helm itulah, sebuah gundukan berikut tumpukan kayu bekas gergaji mesin. Dance lalu melapor. Komandan Dance bersama anggota memeriksa helm itu. Di lokasi sudah dikerubungi lalat. Berjarak sekitar 5 meter, anggota TNI melihat ada galian baru. Di situlah, anggota TNI melihat tangan salah satu korban.

Saat penyisiran, banyak ditemukan titik persembunyian yang tersamar dengan ilalang-ialalang. Termasuk di pinggir poros jalan Tamanjeka, ada 5 titik persembunyian di sepanjang jalan poros Tamanjeka-Masani. Jarak antar titik persembunyian sekitar 5 meter. Hasil pengamatan di lapangan menunjukkan, seperti penghadangan yang dipersiapkan.

"Daerah itu memang dikenal sebagai daerah pelatihan teroris," kata Wakapolres Poso, Komisaris Polisi Eko Yudhi Karyanto kepada VIVAnews lewat telepon.

Titik penghadangan sangat tersamar dan bisa ditempati oleh lebih dari 3 orang. Hasil penyisiran ditemukan 1 butir amunisi. Tetapi kaliber belum diketahui.

Pukul 16.30 Wita kepolisian tiba di lokasi kejadian dan melakukan penggalian. Ditemukan 2 mayat yang disimpan dalam satu lubang dengan posisi satu kepala menghadap ke utara dan satu kepala menghadap ke barat dengan luka memar sekujur tubuh.

Kemudian ada luka di leher kedua korban. Jenazah diduga sebagai dua anggota polisi yang hilang selama 8 hari atas nama Britu Andi Sapa dan Brigadir Sudirman. Pukul 17.30 Wita kegiatan penggalian selesai dan mayat dibawa ke RSUD Poso untuk di autopsi. (eh)

Terharu! Ivan Gunawan Resmikan Sebuah Masjid di Uganda, Ucapkan Rasa Syukur kepada Tuhan
Warga korban banjir di Tasikmalaya mengungsi ke masjid dan kantor desa

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024