Ketua MPR: Pindah Ibu Kota Layak Dipertimbangkan

Mahfud MD, Taufiq Kiemas, Marzuki Alie dan Irman Gusman
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menyatakan prihatin atas lumpuhnya aktivitas ibu kota Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis akibat banjir. Oleh karena itu, Taufiq mendukung wacana pemindahan ibukota negara sebagai solusi mendasar terhadap berbagai masalah dan beban yang menumpuk di Jakarta saat ini.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Menurut Taufiq, banjir yang terjadi kali ini menambah panjang daftar masalah sosial Jakarta sebagai ibu kota negara. Selain banjir, kemacetan lalu lintas dan kerawanan sosial lainnya yang patut mendapatkan perhatian semua pihak untuk segera di atasi.

"Saya kurang optimis jika berbagai permasalahan Jakarta tersebut dapat diatasi dengan baik jika penanganannya hanya bersifat konvensional," ujar Taufiq dalam siaran pers, Jumat, 18 Januari 2013.

Menurutnya, diperlukan langkah-langkah strategis dan fundamental untuk mengatasi berbagai masalah Jakarta. Salah satunya dengan mempertimbangkan kembali dengan sungguh-sungguh opsi memindahkan ibu kota negara ke daerah lain yang  memenuhi syarat, baik secara geografis, geopolitik, maupun sosio ekonomis.

"Salah satu daerah yang pernah ditawarkan untuk menggantikan DKI Jakarta sebagai ibu kota negara oleh Presiden Pertama RI Bung Karno adalah di Palangkaraya, Kalimantan Tengah," kata Taufiq.

Menurutnya, selain Palangkaraya bisa juga di daerah lainnya di manapun di wilayah NKRI asal memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk menjadi ibu kota negara.

"Keputusan pemindahan Ibu Kota negara ini tentu saja bukan hanya tanggung jawab pemerintah bersama DPR, tetapi juga perlu mendapatkan dukungan seluruh rakyat Indonesia," kata Taufiq.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi
Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024