Pria Ditangkap KPK Pengusaha Impor Daging

KPK lakukan penangkapan
Sumber :
  • Siti Ruqoyah/ VIVAnews
VIVAnews -
Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?
Sejumlah orang berhasil diamankan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa malam, 29 Januari 2013, dalam operasi tangkap tangan di Hotel Le Meredien, Jakarta.

Sri Mulyani Prediksi Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,17 Persen

Sampai Rabu pagi ini mereka masih menjalani pemeriksaan intensif oleh tim penyidik lembaga itu. Mereka yang ditangkap berjumlah empat orang, terdiri dari tiga lelaki dan seorang perempuan.
Arkhan Fikri Gagal Penalti, Ini yang Dipikirkan Ernando Ari


A diduga merupakan seorang pengusaha dari PT IU, perusahaan yang bergerak di bidang impor daging potong. Sementara S merupakan sopir A. Seorang wanita juga ikut diamankan berinisial R. Sedangkan seorang lagi belum diketahui identitasnya.


Saat meringkus A, S dan R, petugas KPK berhasil mengamankan sejumlah uang yang ditaksir sekitar Rp1 miliar. Uang pecahan Rp100 ribu tersebut tersimpan dalam dua kantong plastik besar. Satu berwarna putih, satu lagi warna hitam.


Selain itu, petugas juga mengamankan sejumlah dokumen yang disimpan dalam sebuah tas koper hitam dan kantong plastik putih transparan. Ada juga dua buku tabungan.


Belum diketahui secara pasti motif penangkapan empat orang tersebut. Namun kuat dugaan uang yang disiapkan keempat orang yang diamankan KPK diduga merupakan suap untuk memuluskan anggaran proyek di DPR. KPK juga telah menggeledah kantor PT IU di kawasan Pondok Bambu Jakarta Timur


Saat dikonfirmasi, Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas menyatakan informasi terkait operasi penangkapan yang berlangsung semalam belum dapat disampaikan ke publik. "Tunggu saja dulu, belum bisa diwartakan soal itu," ujar Busyro melalui pesan singkat.


Penelusuran
VIVAnews
, PT IU bergerak dalam bidang impor makanan, terutama daging, dan telah memiliki cabang di Singapura, Dubai, Hong Kong dan Macau.


Selama lebih dari tiga dekade, perusahaan tersebut telah mensuplai kebutuhan daging-daging untuk hotel, restoran dan supermarket ternama di Indonesia dan negara-negara lainnya. Selain daging, perusahaan tersebut juga mengimpor
seafood
, kaviar, keju dan wine dengan kualitas super.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya