Awal Perkenalan Rya 'KDI' dengan Akil Mochtar

Pedangdut Rya Fitria di SOS ANTV
Pedangdut Rya Fitria di SOS ANTV
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Penyanyi dangdut Rya Fitria belakangan ini disebut-sebut memiliki hubungan dekat dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.

Penyanyi dangdut jebolan Kontes Dangdut Indonesia (KDI) ini mengaku sering menerima uang dari Akil Mochtar. Uang itu, kata dia, adalah honornya karena jadi penghibur saat Akil kampanye sebagai calon Gubernur Kalimantan Barat dan berbagai kegiatan lain.

Saat diwawancarai VIVAnews, Selasa, 12 November 2013, Rya menegaskan bahwa hubungannya dengan Akil Mochtar adalah hubungan profesional. Dia mengaku dibayar sebagai penyanyi.

"Hubungan saya dengan Pak Akil profesional," ujarnya.

Rya pun bercerita awal mula perkenalan mereka. Pertama kali bertemu dengan Akil Mochtar ketika Ria sedang manggung. Pertemuannya dengan Akil di panggung mencapai puluhan lokasi. Tapi, ia menegaskan bahwa dia tidak pernah bertemu dengan Akil secara khusus.

"Awal ketemu mungkin di panggung pada 2007. Saya ketemu beliaunya langsung di panggung terbuka. Ketemu langsung waktu itu pada saat kampanye. Tapi juga pada saat itu beserta istrinya. Ada yang saat beliau sosialisasi, saya nyanyi," tuturnya.

Selain itu, kata Rya, Akil juga pernah secara langsung meneleponnya. Katanya, siapapun bisa langsung menghubungi ponselnya dan bisa bertemu.

"Ya, untuk contact person saya memang ada di kaset. Tidak ada perwakilan manajemen. Jadi langsung. Mungkin pada saat itu langsung ke saya karena pada saat itu siapapun sebagai pengguna jasa saya, pengusaha atau pejabat, semua langsung bisa hubungi saya. Mungkin ya pada saat itu langsung ya mungkin. Tapi saya lupa. Kan sudah enam tahun yang lalu," jelasnya.

Sejak Akil menjadi hakim konstitusi, Ria mengaku tak pernah bertemu lagi. Namun hubungan melalui telepon masih berlanjut. Tapi tidak ada hubungan yang spesial, masih sebatas profesional.
 
Rya mengaku sering dikirimi uang oleh Akil Mochtar. Seingatnya, transaksi terakhir dengan Akil Mochtar pada 2012. Namun dia membantah pernah ditransfer uang sebanyak Rp900 juta.

"Terakhir saya transaksi 2012, saya lupa dalam rangka apa, karena keseringan. Terus senior-senior saya juga sering memakai saya, jadi tertutup lagi. Setelah Pak Akil ketutup lagi sama siapa, cuma saya lupa. Tahun 2012 saya diajak (menyanyi) banyak, tidak hanya politik. Banyak, ada even, ada gathering, ada dinner dan tidak hanya menghibur Bapak Akil Mochtar. Yang jelas Rp900 juta itu tidak pernah ditransfer Bapak Akil," jelasnya.

Meski begitu, Rya menyatakan siap dipanggil KPK untuk menjelaskan sejumlah uang yang diberikan Akil. "Cuma saya tegaskan kalau yang membayar saya selama ini dari 2007 sampai 2013 itu banyak. Tidak ada sama sekali kontrak," katanya.

Sebelumnya juga sempat beredar isu Rya pernah menguhubungkan pengusaha bernama Indra Putra dengan Akil Mochtar dalam rangka bisnis batubara. Pengusaha itu mengaku dikenalkan ke Akil Mochtar oleh Rya. Soal ini, Rya membantah.

"Saya tidak pernah menghubungkan Indra dengan Pak Akil dalam bisnis batubara. Saya tidak tahu kalau Pak Akil punya bisnis. Saya tidak pernah menghubungkan pengusaha manapun dengan Bapak Akil," dia tegaskan. (adi)