Ahok: Gus Dur Layak Jadi Pahlawan Nasional

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, bahwa mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid adalah sosok bapak bangsa yang yang layak ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Gelar Album Fan Sign, Sungjin Day6 Ungkap Momen Lucu Saat Pembuatan Album Fourever

Menurutnya, Gus Dur berperan sangat besar dalam perubahan negeri ini, khususnya di saat negara dalam kondisi genting di masa transisi paska lengsernya Presiden Soeharto setelah menjabat selama 32 tahun.

"Gus Dur layak menjadi pahlawan nasional. Tokoh seperti beliau jarang di negeri ini," kata Ahok, sapaan Basuki usai menghadiri acara Haul Gus Dur ke-4 di kediaman almarhum Gus Dur, Ciganjur, Jakarta Selatan, tadi malam.

Ahok menuturkan, Gus Dur merupakan sosok pemimpin yang suka membela kelompok atau pihak yang minoritas dan terpinggirkan. Tokoh pluralitas ini tidak pernah pandang bulu dalam membantu orang, siapa pun, dari kelompok mana pun, baik itu agama, ras dan suku mana pun Gus Dur selalu hadir untuk menolong.

"Dia berani pasang nama, pasang badan untuk menegakkan konstitusi, susah mencari orang seperti itu," kata Ahok.

Dalam testimoni Haul Gus Dur ke 4 yang dihadiri ribuan warga dari berbagai daerah dan sejumlah tokoh nasional itu, Ahok mengaku banyak mewarisi pikiran-pikiran Gus Dur. Bahkan, kata Ahok, saat dia mengundurkan diri sebagai Bupati Blitung Timur, Gus Durlah orang yang memberikan semangat.

"Akhirnya saya menjadi Wakil Gubernur sekarang, Gus Durlah yang memberikan semangat," ucap dia mengungkapkan. (eh)

Peziarah mencium tugu penanda bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu, 4 Mei 2019.

6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci

Di tanah suci terdapat larangan yang tidak boleh dilakukan jemaah. Larangan di tanah suci cerminkan nilai-nilai Islam yang menjunjung tinggi perdamaian, dan kasih sayang.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024