Menteri Susi Pamer Hasil dari Kebijakan Moratorium Kapal

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Vickar Adam
VIVAnews - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, membanggakan moratorium izin kapal-kapal. Susi menyebutkan kabar tersebut berbuah positif bagi nelayan.
Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

"Saya mau share kabar gembira. Saya dapat SMS, 'Ibu, your moratorium policy itu telah membuat Muncar, salah satu daerah di Jawa Timur, bisnis landing site-nya surplus 30 ribu ton'," kata dia dalam konferensi pers rapat koordinator dan evaluasi penanganan illegal fishing di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat malam 9 Januari 2015.
Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan

Tak hanya itu, mantan CEO Susi Air ini juga mendapatkan pesan singkat dari beberapa pelaku usaha perikanan yang mengapresiasi kebijakan tersebut.
Fadli Zon Anggap Teguran JK ke Susi Kurang Tepat

"Beberapa pelaku usaha perikanan (juga bilang), 'Ada mukjizat apa, ya, Bu? Kami dapat ikan sebanyak ini dalam dua, tiga minggu. Saya dapat ikan dalam satu hari ini'," kata dia.

Sebelumnya, Susi telah mengeluarkan aturan moratorium perizinan untuk kapal besar berbobot lebih dari 30 GT. Tujuannya, menata ulang kebijakan perizinan untuk menghasilkan penerimaan yang lebih besar bagi negara.

Pemerintah pun akan terus menggenjot penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor kelautan dan perikanan. Caranya, membebankan peningkatan penerimaan dari kapal besar berbendera asing. (one)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya