Masyarakat Jatim Belum Tahu Ada Pilkada di 16 Daerah

Polda Metro Jaya Gelar Simulasi Pengamanan TPS
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pemilihan kepala daerah di Jawa Timur akan digelar serentak pada  2015. Namun, mayoritas masyarakat Jawa Timur ternyata belum mengetahui rencana Pilkada di 16 daerah di Jawa Timur.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Suko Widodo, mengatakan survei yang dilakukan Pusat Kajian Komunikasi Unair menyebut jika 91,5 persen masyarakat ternyata tak mengetahui adanya Pilkada serentak.

"Survei ini kami gelar awal Januari lalu, dan ternyata hanya 8,5 persen warga saja yang mengetahui adanya rencana Pilkada serentak," kata Suko Widodo kepada VIVA.co.id, Selasa 27 Januari 2015.

Menurut Suko, dari hasil survei ini juga diketahui jika 95 persen masyarakat juga tidak mengetahui nama calon kepala daerah yang akan maju. Sedangkan masyarakat yang benar-benar mengetahui calon hanya tiga persen saja.

Karenanya, Puskakom berharap Komisi Pemilihan Umum segera melakukan sosialisasi. Partai politik juga diminta tak hanya diam sehingga bisa memberikan pencerahan bagi masyarakat pemilih.

Pada 2015 ini akan digelar 16 Pilkada di Jawa Timur. Ke 16 daerah itu di antaranya Kabupaten Ngawi (masa jabatan berakhir pada 27 Juli), Kota Blitar (3 Agustus), Kabupaten Lamongan (9 Agustus), Kabupaten Jember (11 Agustus), Kabupaten Ponorogo (12 Agustus) dan Kabupaten Kediri (19 Agustus).

Selain itu juga Kabupaten Situbondo (6 September), Kabupaten Gresik (27 September), Kota Surabaya (28 September), Kabupaten Trenggalek (4 Oktober), Kota Pasuruan (18 Oktober), Kabupaten Mojokerto (18-10-2015), Kabupaten Sumenep (19 Oktober), Kabupaten Banyuwangi (21 Oktober), Kabupaten Malang (26 Oktober), serta Kabupaten Sidoarjo (1 November).

Jika tidak ada perubahan dari Pemerintah Pusat,  Pilkada akan digelar serentak pada Desember 2015. (ren)

Ahok Tak Sudi Disebut Petugas Partai
Hasto Datangi KPK

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI

Alasannya, saat ini masih sibuk bicarakan cagub daerah lain.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016