Marak Ancaman, Hakim Praperadilan BG Dikawal Ketat

Hakim Sarpin Rizaldi pimpin sidang pra pengadilan Budi Gunawan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

VIVA.co.id - Tim 9 melakukan pertemuan dengan pimpinan Komisi Yudisial (KY). Pertemuan itu membahas mulai banyaknya teror terhadap para saksi, dan pegawai KPK yang terlibat dalam persidangan Praperadilan Komjen Budi Gunawan. KY khawatir teror dan intervensi juga sampai pada hakim ketua sidang, Sarpin Rizaldi.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

"Isu teror yang dibicarakan. Kami khawatir itu menyentuh hakim Sarpin Rizaldi. Kami akan meningkatkan kemanan terhadap hakim hingga keluarganya," kata Komisioner KY, Imam Anshor Saleh, di Gedung KY, Jakarta, Rabu 11 Februari 2015.

Imam menjelaskan KY sangat khawatir bila teror dan intervensi dari pihak yang berperkara benar-benar menimpa hakim. Teror ini dikhawatirkan bisa membuat putusan hakim menjadi tidak objektif dan independen.

Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan

Apalagi hakim Sarpin merupakan hakim tunggal dalam praperadilan ini. Di mana ia tidak bisa berdiskusi dengan hakim lain saat memutuskan hasil praperadilan.

"Tim dan kami sepakat agar KY menjaga kehormatan hakim, bukan pernyataan saja. Kita memberi pengaman lebih," katanya.

Budi Waseso Siap jadi Wakapolri Meski Kans BG Lebih Kuat

Mengenai siapa yang diturukan untuk mengamankan hakim Sarpin, Imam mengatakan telah menghubungi berbagai pihak pengamanan. Namun ia tidak bersedia menyebut pihak mana yang dihubungi.

"Kami tidak ingin membenturkan kelompok-kelompk tertentu. Pengaman diperketat mulai hari ini hingga putusan praperadilan," kata Imam. (ren)

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti

Diharapkan tak ramai tarik-menarik kepentingan politik.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016