Seabad Tak Nikmati Listrik, Kini Desa Ini Mulai Bersinar

Rumah tak layak
Sumber :
  • Santosa Suparman/Bantul

VIVA.co.id - Raut kebahagiaan langsung terpancar dari warga di Desa Luat Harangan Pargarutan, Sipirok Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Bagaimana tidak, setelah penantian selama seabad lebih, baru kini warga bisa menikmati aliran listrik.

Aliran listrik yang dialirkan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), dengan daya sebesar 450 watt ini membuat warga bersukacita karena kini bisa menikmati menonton televisi di rumah mereka.

"Masuknya listrik ke desa kami merupakan kebahagiaan tersendiri. Desa kami sudah berdiri ratusan tahun lalu, tapi baru tahun inilah kami bisa menikmati listrik," ujar warga setempat, Lasmiana Siagian, Selasa 17 Februari 2015.

Bupati Tapanuli Selatan, Sahrul Pasaribu, mengatakan inisiasi pembangunan PLTS ini dibangun dengan menghabiskan dana hingga Rp3,5 miliar dari pemrerintah pusat. Ia berharap, aliran listrik gratis ini dapat terus dijaga oleh masyarakat setempat, sehingga dapat bertahan lama.

"Saya berharap semuanya dapat menjaga alat ini. Kini setidaknya tinggal tersisa lima persen lagi warga di Tapanuli Selatan yang belum bisa menikmati listrik. Mudah-mudahan tahun ini juga bisa diwujudkan," ujar Sahrul.


Dedi Herianto/Sumatera Utara

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
Pekerja memasang kawat baja sebelum pengujian tower transmisi listrik milik PLN. Foto ilustrasi

34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi

Sari 34 proyek ada 12 proyek tidak bisa berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016