Polri: Sujud Syukur Polisi Usai BG Menang Cuma Spontanitas

Pendukung Budi Gunawan Sujud Sukur atas Putusan PN Selatan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Ekspresi sujud syukur yang dilakukan anggota Polri di berbagai daerah membuat perhatian dari masyarakat. Banyak yang menilai aksi itu menandakan sidang praperadilan adalah pertarungan dua lembaga dan tidak pantas karena mencerminkan keberpihakan Polri dalam suatu kasus korupsi.

Menanggapi hal tersebut, Kepada Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Ronnie F. Sompie mengatakan tindakan sujud syukur tersebut adalah bentuk spontanitas saja dan tidak ada perintah dari Polri kepada anggotanya.

"Itu hanya sikap spontanitas saja dari anggota Polri dan tidak ada instruksi langsung dari Polri untuk merayakannya," ujar Ronnie dalam acara diskusi yang diadakan Komunitas Banteng Muda (KBM) di Jakarta, Selasa 17 Februari 2015.

Menurut Ronnie, tindakan itu adalah sikap hormat terhadap atasannya dan meluapkan perasaan yang terpendam selama ini yang sudah hampir sebulan terakhir sejak ditetapkannya Budi Gunawan sebagai tersangka oleh KPK.

"Ini hanya luapan emosi yang memendam perasaan akibat teraniaya akibat atasannya ditetapkan sebagai tersangka yang membuat citra Polri buruk," ujar Ronnie dalam diskusi yang dihadiri pula oleh Wasekjen DPP PDIP, Ahmad Basarah, Pengamat politik, Heri Budianto serta perwakilan dari Komunitas Banteng Muda (KBM), Banyu Biru Djarot.

Dia juga menambahkan bahwa sujud syukur ini merupakan ekspresi bahagia karena atasannya yang selama ini ditetapkan sebagai tersangka bebas dari tuduhan dan hal tersebut wajar dilakukan selama tidak mengganggu orang lain.

"Menurut saya hal itu sah-sah saja karena sikap dan ekspresi yang ditunjukin anggota Polri tidak menggangu orang lain," lanjut Ronnie. (ren)

Bayu Januar/ Jakarta.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Baca Juga:

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti

Diharapkan tak ramai tarik-menarik kepentingan politik.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016