Mabes Polri: Calon Wakapolri Tunggu Kapolri Baru

Badrodin Haiti Resmi Jabat Wakapolri
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Tak hanya kapolri, siapa jenderal yang akan menempati posisi wakapolri juga menjadi pertanyaan masyarakat. Sebab, wakapolri saat ini, Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti, diusulkan oleh Presiden Joko Widodo menjadi calon kapolri.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Markas Besar Polri, Komisaris Besar Rikwanto, calon wakapolri masih menunggu proses Badrodin sebagai calon kapolri. Badrodin akan menjalani fit and proper test di DPR terlebih dahulu.

"Kami masih menunggu proses fit and proper test calon kapolri di DPR," ujarnya, di Mabes Polri Jakarta, Senin 23 Februari 2015.

Rikwanto menuturkan, pada bulan ini, anggota dewan masih menjalani masa reses. Mereka turun dan berkunjung ke daerah pemilihan masing-masing.

"Kami masih menunggu reses DPR dulu, dan hasil sidang di anggota Dewan itu," papar Rikwanto.

Rikwanto menegaskan, jika Badrodin terpilih menjadi kapolri, baru dilakukan seleksi terhadap calon wakapolri. Nantinya, Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri akan menyeleksi, dan mengumpulkan semua anggota polisi bintang tiga atau kemungkinan bintang dua yang mempunyai kapasitas. (art)

Kompolnas Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri

Baca juga:

Soal Calon Kapolri, Buwas: Saya Bukan yang Terbaik

Budi Waseso mengaku tak berambisi jadi Kapolri.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016