Bakrie Center Foundation Sediakan 120 Beasiswa Pasca Sarjana

Bakrie Center Foundation
Sumber :
  • www.bcf.or.id

VIVA.co.id - Bakrie Center Foundation (BCF) tahun ini kembali menyediakan 120 beasiswa untuk mahasiswa Pasca Sarjana di 11 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi mitranya.

Berbeda dengan program beasiswa pada umumnya, BCF menyediakan program full scholarship yang meliputi biaya kuliah, biaya hidup, dan penelitian bagi mahasiswa tahun kedua, yang akan segera menyelesaikan studinya.

"Syukur kalau jumlahnya bisa digandakan oleh perguruan mitra kami. Kami juga terbuka bila ada partner lain yang ingin bergabung. Semakin banyak partner yang terlibat, akan semakin baik. Dengan begitu jumlah penerima beasiswa akan semakin besar," ujar Chief Executive Officer (CEO) BCF, Imbang J Mangkuto, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin 16 Maret 2015.

BCF adalah lembaga yang didirikan oleh generasi ketiga Bakrie yang dipimpin oleh Anindya N Bakrie. Sejak didirikan pada 2010, BCF telah memberikan beasiswa kepada 450 mahasiswa Pasca Sarjana (S2) dari berbagai disiplin ilmu. Mereka tersebar di 11 PTN di dalam negeri dan dua perguruan tinggi di luar negeri.

Di Indonesia, BCF bekerja sama dengan ITB, IPB, UGM, Universitas Airlangga, Udayana, Universitas Hassanudin, Universitas Mulawarman, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Cendrawasih, Universitas Lampung, dan Universitas Andalas. Sementara itu, di luar negeri bekerja sama dengan RSIS Nanyang Technological University, Singapura dan Stanford University, AS.

BCF juga menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan untuk para alumni penerima beasiswa dan para mahasiswa berprestasi lainnya di kampus. Jumlahnya saat ini sudah mencapai 1.500 orang dari tahun 2010.

Selain kedua program tersebut, BCF juga mendirikan riset center bernama Bakrie Chair for Southeast Asian Studies, bekerja sama dengan Carnegie Endowment for International Peace di Washington, DC.

Setiap bulannya, BCF dengan mitra Carnegie dan RSIS Nanyang juga rutin mengadakan public discussion dalam bentuk video conference secara streaming yang bisa diakses langsung oleh para mitra di masing-masing universitas.

Selain mitra di atas, BCF menggandeng kerja sama dengan Kedutaan Besar AS, Kedutaan Besar Inggris, Kedutaan Besar Tiongkok, serta seluruh kedutaan besar dari negara-negara ASEAN untuk secara bergantian menjadi host membahas topik menarik seputar ASEAN dan isu global.

Anak Muda Mulai Lirik Pasar Modal dan Keuangan Syariah

Upaya ini menjadi salah satu strategi pembekalan para calon pemimpin yang disiapkan BCF, agar kelak menjadi pemimpin nasional yang berwawasan internasional.

Menurut Imbang, dalam rapat kerja yang digelar di Bali 8-9 Maret 2015, dibahas berbagai program kerja BCF dan upaya meningkatkan kerja sama dengan universitas mitra.

Seluruh mitra sepakat mendukung kelanjutan program yang sudah berjalan, termasuk program pendampingan pada para alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rapat kerja saat itu dihadiri langsung oleh direktur Pasca Sarjana dari 11 universitas negeri yang menjadi mitra Bakrie Center Foundation. (art)

Ini Pemenang POR Bakrie 2015
![vivamore=" Baca Juga
Menyemai Pemimpin Lewat Pendidikan
:"]
[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya