Pertamina: Kenaikan BBM Belum Tutupi Biaya Produksi

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto (kanan) memberikan keterangan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
DPR: Dana Ketahanan Energi Bisa Langgar Pidana
- PT Pertamina (Persero) mengaku keputusan pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) belum sepenuhnya menutupi biaya produksi yang ditimbulkan oleh Pertamina.

Harga Pertamax Turun Rp100 per Liter

Tak cuma itu, pemberlakuan harga baru BBM di Indonesia, juga belum seutuhnya menyesuaikan dengan kenaikan harga minyak dunia yang mencapai 13,5 persen, dan naiknya nilai tukar Dolar terhadap Rupiah yang mencapai 7 persen.

"Kenaikan minyak dunia dan kurs dolar belum sepenuhnya menutupi biaya produksi Pertamina. Belum seluruhnya meng-cover kenaikan itu (minyak dunia dan dolar)," ujar Direktur PT Pertamina (Persero), Dwi Sutjipto, di sela-sela acara forum sharing teknologi hulu di Kuta Bali, Senin 30 Maret 2015.

Saat ini, Pertamina sedang berjuang keras melakukan efisiensi. "Soal kemungkinan (harga BBM) naik turun akan terus terjadi. Tapi, kita tengah berjuang keras soal efisiensi," imbuhnya.

Ada dua hal yang tengah dilakukan efisiensi. Pertama adalah efisiensi produk kilang agar bisa bersaing dengan produk impor. Kedua, efisiensi distribusi transportasi. "Kita berharap efisiensi bisa menjadi tulang punggung tambahan," harap Dwi. (one)

![vivamore="
Pemerintah Belum Satu Suara Hitung Ulang Harga BBM
Baca Juga :"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya