Ganjar Pranowo 'Buru' Lubang di Jalanan Jateng

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
VIVA co.id -
Kembangkan BUMDes, Menteri Eko Minta Saran Gubernur Ini
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memiliki cara tersendiri dalam memastikan program 'Jateng Tanpa Lubang' di tahun 2015. Inisiatif tersebut adalah dengan 'memburu' lubang jalan di sejumlah jalur 35 kabupaten/kota se-Jateng.

Ganjar Curigai Aksi 9 Perempuan Rembang Cor Kaki di Istana

Dalam perjalanan berburunya, Ganjar memastikan pembangunan di ruas jalan Gubug-Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Kamis 23 April 2015. Tepat di pembangunan jalan rusak sepanjang 3,5 kilometer, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu bahkan sempat turun langsung dari mobil dan melihat bagaimana kualitas pembetonan jalan apakah sesuai dengan kontruksi awal atau tidak.
Ganjar Kirim 17 Kepala Daerah ke KPK


"Saya lihat dulu, saya ukur apakah sesuai tidak dengan kontruksi awalnya," kata Ganjar sembari jongkok dan mengukur ruas tebal beton.


Tentu saja, sejumlah warga yang mengetahui aksi Ganjar langsung berkerumun untuk melihat dan bersalaman. Saat itu juga, Ganjar menanyakan langsung kepada petugas dari Dinas Pekerjaan Umum setempat terkait kualitas jalan yang dibangun. Dia meminta, agar pembangunan jalan melihat kualtias jalan.


"Di beberapa ruas saya lihat ada yang sudah dicor tapi masih berlubang. Bahkan mobil saya dan teman-teman sempat
mumbul
(ruas jalan naik). Itu nanti kalau ada korban gimana kalau tidak segera diperbaiki," ujar dia.


Sambil terus meneliti langsung ruas jalan, Ganjar juga sempat mengajak masyarakat agar turut menjaga dan mengawasi bersama-sama pekerjaan jalan di wilayahnya. Apabila ada jalan berlubang, Ganjar mempersilakan mereka melaporkannya melalui akun twitternya, @ganjarpranowo.


"Silakan lapor di twitter saya. Nanti akan saya tindak lanjuti ke dinas terkait," lanjutnya.


Perbaikan jalan sepanjang jalur Gubug-Kedungjati diperbaiki sepanjang 3,5 kilo meter. Perbaikan diprioritaskan pada jalan yang memiliki tingkat kerusakan terparah hingga dikerjakan ke dalam empat paket pekerjaan. Anggaran untuk itu sebesar Rp20 miliar.


Pemprov Jawa Tengah di APBD 2015 telah menganggarkan Rp2,1 triliun untuk pembangunan infrastruktur Jawa Tengah, khususnya jalan dan jembatan. Ganjar menargetkan pada APBD 2016 nanti, instansiya akan mengusulkan anggaran infrasturuktur jalan senilai Rp2,5 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya