Mendag Rahmat Gobel Janji Benahi Pasar Johar Semarang

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel Sidak ke Gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Menteri Perdagangan Rahmat Gobel meninjau langsung lokasi kebakaran di Pasar Johar Semarang, Senin 11 Mei 2015. Rahmat menyatakan akan langsung menangani pembangunan pasar Johar yang terbakar sejak Sabtu malam kemarin.

Rahmat meninjau pasar legendaris itu sekitar pukul 08.00 WIB, didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Rahmat melihat langsung api yang hingga kini belum seluruhnya padam setelah membakar hampir seluruh pasar selama dua hari.

Kebakaran di Pasar Johar, Pedagang Rugi Ratusan Juta

Pemandangan lain juga terlihat sedikitnya 8000 kios di pasar tradisional cagar budaya itu kini habis terbakar.

Kondisi pasar yang masih berantakan akibat banyaknya selang dan tangki pemadam kebakaran mewarnai kunjungan menteri. Ia juga sempat berbincang dengan salah satu pedagang yang masih terus mengamankan barang dagangannya.

"Iya pasti saya benahi, agar lebih baik dari sebelumnya," kata Rahmat Gobel di sela-sela meninjau Pasar Johar Semarang.

Rahmat menambahkan, sambil menunggu revitalisasi pemerintah terkait perbaikan Pasar Johar, Ia meminta agar para pedagang bisa berdagang di lokasi sementara yang telah disediakan pemerintah daerah setempat.

"Kita usahakan. Nantinya pedagang bisa melakukan aktivitas seperti semula. Bahkan lebih baik seperti semula, " imbuh dia.

Menanggapi kekhawatiran para pedagang yang terkait lokasi baru yang nanti dikelola pemerintah, Rahmat menyadari kekhawatiran itu menjadi hal biasa. Tapi pemerintah berupaya menyediakan bagaimana tempat yang baru nanti bisa dijangkau pembeli dan pedagang seperti semula.

"Tentu kita akan memberikan tempat yang baik dan murah yang biasa dijangkau oleh pedagang. Dan kita kerjasama dengan Pemda tentunya, " beber dia.

Dari pantauan, Mendag juga melakukan dengar pendapat dengan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi terkait kondisi kebakaran pasar berusia lebih dari satu abad tersebut.

Setelah itu, Rahmat mengunjungi lokasi penampungan sementara di Pasar Ikan Higienis, Jalan Pengapon tepatnya di sebelah Pasar Rejomulyo, Kota Semarang.

Ini Penyebab Pasar Johar Semarang Terbakar Hebat
Pedagang berkumpul di pasar Johar Semarang.

Pasar Johar Terbakar, Takbir Bergema dari Masjid Agung

Pasar Johar kebakaran Sabtu malam.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2016