Curigai Palsu, Ibu Ini Bakar Berasnya

Ilustasi harga sejumlah beras yang ada di pedagang pasar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Ingat Heboh Beras Plastik, Ini Update Kasusnya
- Fenomena munculnya beras palsu berbahan sintetis membuat masyarakat khawatir dan waspada. Bahkan beberapa di antaranya demi menghindari mengkonsumsi beras palsu, mereka rela mengujinya dengan cara membakar beras miliknya.

Awas! Beras Palsu Dijual di Supermarket

Seperti yang dilakukan oleh Lilis. Ibu rumah tangga asal Medan Sumatera Utara ini, mengaku mencurigai beras yang dibelinya dari kios terdekat, berwarna lebih putih.
UI dan IPB Dinilai Relatif Independen Uji Beras Plastik


"Saat saya lihat lebih teliti, warna berasnya putih mengkilap berbeda dengan beras biasa," kata Lilis, Jumat 22 Mei 2015.


Menjawab penasarannya, Lilis pun nekat mengujinya dengan membakar sejumlah beras. Dan ternyata, cukup mengejutkan. Beras yang dibelinya justru lengket saat dibakar.


"Saya mengetahui ciri beras plastik dari media televisi. Jadi saya coba untuk membakarnya," katanya.


Uji Sampel


Sementara itu, di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Guna memastikan dugaan beras palsu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan berinisiatif menguji sejumlah contoh beras ke laboratorium Institut Pertanian Bogor.


"Kami hanya membawa beberapa gram beras yang diduga plastik ini ke IPB, untuk diteliti oleh para peneliti," ujar Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Disperindag Kabupaten Bogor, Jaya Sanirin.


Sementara Cahya Muhadri, salah seorang peneliti IPB, mengatakan secara kasat mata sejumlah beras yang hendak diuji memang agak berbeda.


Karena selain bentuknya bercahaya, beras itu tidak memiliki serat seperti beras aslinya. "IPB akan melakukan uji laboratorium atas kebenaran beras tersebut dalam kurun waktu 14 hari," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya