Pengungsi Bangladesh Tolak Dipulangkan dari Indonesia

Imigran Bangladesh saat di kamp pengungsian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zulkarnaini
VIVA.co.id
Yunani akan Kirim Kembali Migran ke Turki
- Sejumlah imigran asal Bangladesh, yang terdampar di Aceh, menolak untuk dikembalikan ke negara asal. Para pencari kerja ini tetap 'ngotot' untuk menuju ke Malaysia.

RI Berbagi Beban Masalah Pengungsi Lewat 'Bali Process'

"Saya tidak mau dikembalikan ke Bangladesh, kami ingin ke Malaysia mencari kerja," kata salah seorang imigran asal Bangladesh, Muhammad Zahidul Islam Babu, Rabu 27 Mei 2015.
Australia Punya Kepentingan soal Pencari Suaka


Sejauh ini, Imigrasi Kota Langsa mengklaim sudah merampungkan seluruh dokumen proses pemulangan untuk para imigran asal Bangladesh yang saat ini tercatat sebanyak 714 orang dan tersebar di beberapa Aceh Timur, Pelabuhan Kuala Langsa dan Aceh Utara.


"Duta Besar Bangladesh sudah mendata semua warganya yang di Aceh, kecuali yang dari gelombang terakhir yang di Aceh Timur, pendataan itu dilakukan untuk memastikan apakah mereka benar warga Banglades," ujar Pejabat Humas Imigrasi Kota Langsa, Cut Ana Darmawan.


Ana mengaku belum mengetahui pasti kapan jadwal pemulangan ratusan imigran ini akan dilakukan. Sebab, proses ini menjadi kewenangan dari pemerintah pusat.


"Semua dokumen sudah dikirim ke Direktorat Jenderal Imigrasi pusat, imigrasi Langsa sedang menunggu informasi lanjutan dari pusat," kata Ana. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya