Apa Arti Tilik Pitik pada Prosesi Panggih Gibran dan Selvi

Jokowi dan Iriana Berfoto Bersama Putranya Jelang Pernikahan
Sumber :
  • Agus Suparto/Tim Komunikasi Presiden

VIVA.co.id - Setelah Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda resmi menjadi suami istri, Kamis 11 Juni 2015, keduanya kemudian menjalani prosesi pernikahan dalam ada jawa atau panggih. Ini adalah prosesi bertemunya pengantin perempuan dengan pengantin pria usai akad nikah.

Presiden Jokowi ke Solo, Jenguk Cucu di Rumah Sakit

Setelah sejumlah prosesi dilakukan, terlihat orangtua dari mempelai wanita menyambut kedua orangtua mempelai pria. Proses ini dinamakan tilik pitik. Makna dibalik prosesi tilik pitik adalah menengok putranya yang tengah menikah dan sekaligus untuk merestui acara ini, selain itu juga bertujuan untuk mempererat persaudaraan di antara kedua keluarga besar.

Setelah itu, kedua mempelai melakukan prosesi sungkeman. Tahap ini merupakan tahap akhir dari upacara panggih, sungkeman dilakukan sebagai wujud bahwa kedua mempelai akan patuh dan berbakti kepada kedua orang tua mereka.

Seperti diketahui, akad nikah Gibran dan Selvi dilaksanakan di gedung Graha Saba Buana sekitar pukul 09.00 WIB. Putra Presiden Jokowi itu hanya satu kali mengucapkan ijab kabul. Dia kemudian dinyatakan sah telah menjadi suami Selvi.

"Bagaimana saksi? Sah! Alhamdulillah," kata Kepala KUA Banjarsari, Mukhtaroji yang menjadi penghulu.

Gibran Rakabuming saat berada di RS PKU Muhammadiyah, Solo.

Cucu Pertama Jokowi Sudah Keluar Rumah Sakit

Tidak ada syukuran lagi, karena akikahan sudah digelar di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2016