Presiden Gelar Syukuran 7 Bulan Kandungan Menantu

Prosesi Mitoni kandungan menantu Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq
VIVA.co.id
Cucu Pertama Jokowi Sudah Keluar Rumah Sakit
- Presiden Joko Widodo menggelar syukuran usia kehamilan menantunya, Selvi Ananda, yang memasuki tujuh bulan. Syukuran kehamilan itu, yang dalam istilah Jawa dikenal dengan upacara mitoni, digelar di kediaman pribadi Presiden di Jalan Kutai Utara, Banjarsari, Solo pada Sabtu, 26 Desember 2015.

Presiden Jokowi ke Solo, Jenguk Cucu di Rumah Sakit

Sebuah tenda berwarna putih terpasang di depan kediaman pribadi presiden. Adanya acara syukuran mitoni menyebabkan depan rumah tersebut dijaga ketat oleh petugas paspampres. Selain itu jalan di depan rumah Presiden juga ditutup, hanya tamu undangan dan keluarga besar yang diperbolehkan masuk.
Iriana Jokowi Suka Cita Sambut Kelahiran Cucu Pertama


Acara syukuran mitoni tersebut juga dihadiri sejumlah tamu, diantaranya Walikota Solo terpilih, FX Hadi Rudyatmo, dan wakilnya, Achmad Purnomo, serta sejumlah kerabat dan tamu undangan lainnya.


Dalam syukuran tersebut, keluarga Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat J‎awa. Mantan Wali Kota Purwakarta dan kedua putranya mengenakan pakaian beskap lengkap berwarna biru. Sedangkan Ibu Negara dan putrinya, Kahiyang Ayu mengenakan busana kebaya berwarna biru.


Sementara itu, istri Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda yang perutnya terlihat membesar itu memakai busana kebaya berwarna kuning. Dalam syukuran ini usia kehamilan menantu presiden dari enam bulan menginjak usia tujuh bulan.


Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihaknya menggelar acara syukuran mitoni secara sederhana pada Sabtu pagi ini. Syukuran tersebut digelar karena usia kandungan menantunya akan memasuki usia tujuh bulan.


"‎Alhamdulillah hari ini ada syukuran kecil-kecilan tujuh bulan anak saya Gibran Rakabuming dan Selvi. Ini usia kehamilan dari enam bulan menuju tujuh bulan," kata Jokowi.


Jokowi pun memohon doa restu supaya bayi yang dikandung menantunya diberi keselamatan dan kesehatan. "Saya mohon doa restu semuanya supaya diberi kelancaran semuanya," ucapnya.


Sementara itu ketika disinggung mengenai prosesi syukuran mitoni, ia pun menjelaskan bahwa upacara mitoni digelar sesuai dengan tradisi Jawa. Selain prosesi sungkeman, juga ada prosesi siraman hingga membelah kelapa muda. "Urut-urutan prosesinya banyak dalam syukuran mitoni ini," tuturnya.


Jokowi pun mengaku senang bakal memiliki cucu pertamanya. "Pokoknya mohon doa restunya." (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya