BMKG: El Nino Landa Indonesia Hingga November

El Nino muncul lagi tahun ini
Sumber :
  • NASA
VIVA.co.id
Risma Berkelit dan Salahkan El Nino soal Banjir di Surabaya
- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, Indonesia akan mengalami cuaca minim hujan hingga awal 2016.

Riau Kembali Alami Musim Kemarau

Kondisi ini dikarenakan adanya perkiraan fenomena El Nino yang terjadi dengan suhu air di Samudera Pasifik lebih hangat dari perairan Indonesia.
'Ritual' Berburu Air di Desa Ini Menyedihkan


Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus Subagyo Swarinoto, El Nino hingga November 2015 ini berjenis El Nino moderat yang membuat uap air yang mengalir dari Indonesia menuju Pasifik membentuk awan hujan menjadi minim di Indonesia.


"El Nino ini bukan lah El Nino parah seperti yang melanda Indonesia pada 1997. Tapi, fenomena ini tetap harus diwaspadai," ujar Yunus, saat menggelar rapat koordinasi di Kantor Kementerian Lingkungan dan Kehutanan, Jakarta, Rabu 17 Juni 2015.


Yunus mengatakan, fenomena ini harus diwaspadai, karena dengan adanya El Nino yang diperkirakan awal musim hujan 2015 hingga 2016 di beberapa wilayah mengalami kemunduran.


Meski mengalami kemunduran, kata Yunus, daerah-daerah yang berpotensi terkena dampak El Nino meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.


"Karena El Nino bukan satu-satunya faktor pemicu kekeringan di Indonesia. Jadi, harus dipertimbangkan faktor lain seperti
dipole mode
dan SST di perairan Indonesia," ujarnya


Selain itu, Yunus melanjutkan, Badan Meteorologi Dunia (WMO) juga mencatat, El Nino diperkirakan berlangsung hingga November 2015. "Dan peluang itu bisa saja untuk menguat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya