Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Tanjung Batu

Presiden Jokowi kunjungi Pelabuhan Tanjung Priok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017
- Pemerintah Joko Widodo, terus berupaya untuk mendorong program percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya untuk mempercepat implementasi tol laut (sea connectivity). 

Dalam sambutan di peresmian Pelabuhan Tanjung Batu, Bangka Belitung, Sabtu 20 Juni 2015, Presiden Joko Widodo menyampaikan, pelabuhan ini harus mampu memberikan pelayanan efisien dengan cara menekan dwelling time atau waktu bongkar muat barang.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

Sebagai pelabuhan pengumpul, Tanjung Batu didukung kawasan industri seluas 500 hektare dengan areal pengembangan seluas 5.000 hektare. Konsep pelabuhan yang terpadu atau terintegrasi dengan kawasan industri akan memperpendek dwelling time sehingga dapat menurunkan biaya logistik.

Pelabuhan Tanjung Batu adalah pelabuhan seluas 76 hektar ini berada dalam posisi yang sangat strategis karena berdekatan dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I. Pelabuhan ini juga menyediakan Container Yard seluas 279 hektare dan mampu disandari kapal dengan kapasitas mencapai 10,000 DWT. Pengembangan kawasan Pelabuhan Tanjung Batu sendiri memakan waktu 15 tahun sejak dimulai pembangunannya pada tahun 2000.

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi

Selain itu, pelabuhan ini diharapkan juga akan memperkuat Belitung sebagai daerah tujuan wisata di Indonesia, karena memiliki fasilitas yang cukup baik dan kedalaman laut yang bisa disinggahi kapal-kapal besar. 

Karena itu, Presiden Jokowi meminta pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu yang dilakukan KSOP Tanjung Pandan bersama Badan Usaha Pelabuhan (BUP) bisa membuka akses lebih luas dalam pengembangan potensi ekonomi daerah dan penyerapan tenaga kerja.

Usai meresmikan dan meninjau fasilitas Pelabuhan Tanjung Batu, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungannya dengan meninjau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung. Ini adalah salah satu dari tujuh lokasi utama Pembangunan Infrastruktur Pariwisata Marina yang ditetapkan pemerintah. 

Selain meresmikan Pelabuhan Tanjung Batu dan meninjau KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Presiden Jokowi juga menyerahkan Kartu Asistensi Sosial untuk Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Desa Barru, Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya