DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Sarana Jalur Mudik

Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi V Lasarus
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Wakil Ketua Komisi V DPR, Lasarus, meminta pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik yang akan menempuh jalur darat. Permintaan ini disampaikan DPR saat Raker dengan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Basoeki Hadimoeljono dan pihak kepolisian, terkait persiapan sareana dan prasarana menyambut lebaran 2015 di Gedung DPR, Rabu 24 Juni 2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Seperti kita ketahui, mobil pribadi sangat dominan mencapai 85 persen pemudik nantinya akan melewati jalur pantura sekitar 182 km, termasuk jalur tengah dan Cipali, oleh karena itu, perlu infrastruktur memadai dalam mendukung pergerakan tersebut," ujar Lasarus seperti dikutip pada laman DPR RI.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Lasarus juga mengingatkan mitra kerjanya agar segera merampungkan kelengkapan yang dibutuhkan pada ruas jalan Tol Cikopo Palimanan yang sudah diresmikan Sabtu 23 Juni lalu.


"Menjelang lebaran, tentunya tekanan jalan pantura akan berkurang karena telah menyambungnya tol Jakarta ke Pejagan, yang perlu diperhatikan yaitu jalan pantura banyak bergelombang dan tambalan dan belum ada pembatas jalan yang permanen serta marka jalan," ucapnya.


Politisi PDIP itu juga berharap pemerintah meningkatkan kapasitas mudik gratis baik bagi masyarakat.


"Angkutan kereta api Jakarta-Surabaya sekitar 770 km sudah memiliki jalur ganda diharapkan beroperasi secara optimal oleh operator," tandasnya.

 

Pengguna angkutan lebaran dalam arus mudik 2015 diperkirakan meningkat. Lasarus meminta agar pemerintah juga meningkatkan kapasitas dan pelayanan, termasuk bagi pemudik yang akan menggunakan jalur udara.

 

"Kordinasi diperlukan antarinstansi sehingga tidak tumpang tindih, efektifitas penyelenggara angkutan lebaran, petugas kesehatan, dan kepolisian di lapangan." (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya