Panglima TNI: AL dan AU Perlu Asisten Teritorial

Panglima TNI Moeldoko, Agus Supriatna dan mantan KASAU Putu Dunia
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA.co.id - Panglima TNI Jenderal Moeldoko saat ini sedang mempersiapkan jabatan strategis asisten teritorial (aster) bagi TNI Angkatan Laut (AL) dan TNI Angkatan Udara (AU). Jabatan dalam struktur organisasi baru tersebut dibentuk untuk mengoptimalkan kinerja dalam menjaga pertahanan seluruh wilayah di Indonesia.

"Internal TNI tidak hanya ada aster dari Angkatan Darat, tetapi aster AU dan AL akan segera dibentuk. Ini untuk meningkatkan kinerja TNI dalam menjaga pertahanan negara," kata Jenderal Moeldoko di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis 25 Juni 2015.

Moeldoko mengatakan posisi aster berangkat dari doktrin sistem pertahanan nasional seperti yang tertera dalam UUD 1945, yakni sistem pertahanan rakyat semesta.

Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika

Semua memiliki makna bahwa sistem pertahanan negara harus dibangun dengan pengerahan sumber daya nasional.

"Sumber daya alam dan sumber aset lain sarana prasarana dikerahkan untuk kepentingan pertahanan. Sistem ini disusun atas dasar komponen pertahanan," terang Panglima

Di dalamnya juga termasuk komponen cadangan dan komponen pendukung. Komponen utama TNI dan komponen cadangan yang dimaksud termasuk seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) yang sudah disiapkan.

Fungsi asisten teritorial di Laut dan Udara, lanjut panglima, mirip dengan asisten teritorial di Angkatan Darat. Dengan demikian, seluruh matra diharapkan dapat menjalankan fungsi dan perannya masing-masing.

"Seperti sekarang posisi Waaster di Panglima TNI, nanti kita proyeksikan jadi aster di Angkatan Laut. Begitu pula di AU. Jadi semua sudah kita siapkan dari awal," ujar dia. (ren)

Latihan TNI di Tarakan untuk Amankan Kilang Minyak
Freddy Budiman semasa hidup saat di Lapas Nusakambangan

Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman

TNI telah membentuk tim investigasi mengusut informasi ini

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016