HUT Bhayangkara, Kapolri Ziarah ke TMP Kalibata

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memimpin upacara di TMP Kalibata
Sumber :
  • Irwandi Arsyad

VIVA.co.id - Kepolisian Republik Indonesia melakukan kegiatan ziarah dan tabur bunga di pusara para pejuang dan pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta, Jumat, 26 Juni 2015. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-69.

Dua Anggota Santoso yang Tewas Warga Asing

Selain di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, ziarah dan tabur bunga juga dilakukan serentak di tempat pemakaman lain. SepertiĀ  di taman makam pemulian polisi dan taman makam kehormatan polisi di Cikeas, taman makam tanah kusir dan sepanjang perairan di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ziarah juga dilakukan di beberapa tempat lainnya, tempat pemakaman mantan-mantan Kapolri, ada yang di Bogor, ada yang di Cikeas kemudian juga ada yg di Tanah Kusir. Jadi semua serentak ziarah dalam rangka Hari Bhayangkara ke-69 dilaksanakan pada pagi ini," ujar Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Mengapa Gedung Polisi Dibangun oleh Podomoro

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, upacara ziarah dan tabur bunga dimulai sekitar pukul 07.55 WIB. Dalam ziarah ini tampak juga dihadiri Wakapolri, Komjen Budi Gunawan dan sejumlah petinggi Polri lainnya. Selain itu juga tampak hadir purnawirawan dan para anggota Kepolisian yang menggunakan pakaian dinas upacara (PDU) 4.

Di Taman Makam Pahlawan Kalibata ada 453 makam pahlawan dari Polri, 5 di antaranya merupakan makam mantan Kapolri. Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti mengatakan, ziarah ini sudah menjadi kewajiban dan tradisi di Polri. Selain itu, ziarah dan tabur bunga ini merupakan tradisi dan bentuk penghormatan Kepolisian Republik Indonesia kepada pendahulu dan pahlawan yang telah berjasa kepada Polri dan juga bangsa dan negara.

Polri Hadapi Persoalan Serius Kejiwaan Anggotanya

"Maknanya ini merupakan suatu tradisi untuk menghormati para pendahulu para pahlawan yang telah berjasa kepada Polri, terutama yang berjasa pada bangsa dan negara."

(mus)

Mantan Kakorlantas Polri jadi Dirjen di Kemenhub

Dua Jenderal Polri Akan Duduki Jabatan Dirjen di Kementerian

Kapolri merestui jenderal Polri menjabat Dirjen Kemenhub dan Kemendag

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2016