Awas MERS, Jemaah Haji Jangan Cium Unta

Festival unta di India
Sumber :
  • REUTERS/Ahmad Masood

VIVA.co.id - Wabah virus pernafasan maut, MERS, tengah menghebohkan Korea Selatan dan negara-negara lain. Namun, virus ini perlu juga diwaspadai oleh warga negara Indonesia yang hendak berhaji atau umrah.

Jemaah Kloter 1 Embarkasi Lombok Diduga Bawa Virus MERS

Sebab, wabah MERS itu merebak di kawasan Timur Tengah, termasuk Arab Saudi yang setiap tahun ramai dikunjungi umat Muslim Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji maupun umroh.

Maka, demi antisipasi wabah MERS, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan WNI yang hendak berangkat haji atau umroh wajib diberi imunisasi.

"Semua harus, mau ada paspor visa haji umrah, harus imunisasi untuk mencegahnya," kata Kalla di kantornya, Jumat 26 Juni 2015.

Kalla juga mengingatkan, terkait perilaku jemaah haji atau jemaah umrah saat tiba di sana. Karena, penyakit MERS ini diyakini akibat virus yang berasal dari kelelawar dan unta.

"Dan tentu di sana tidak boleh cium unta gitu kan. Maksudnya sering pegang-pegang unta," katanya.

Hingga kini, di Indonesia memang belum ada yang terindikasi MERS. Wabah ini, menyebar luas di Korea Selatan. Sebanyak 19 warga negara Korsel meninggal akibat wabah ini. Sebanyak 5.586 orang telah dikarantina karena terkena MERS. (ren)

wabah virus mers di korea makin mengkhawatirkan

Sempat Sembuh, Pria Korsel Kembali Terjangkit MERS

Dia diagnosa mengalami demam tinggi usai pulang dari RS.

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2015