Debu Vulkanik Gunung Raung Dirasakan Warga Bali

Gunung Raung meletus
Sumber :
  • Antara/ Budi Candra Setya

VIVA.co.id - Debu vulkanik Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur, mulai dirasakan warga Bali. Di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, debu vulkanik Raung mulai mengganggu jarak pandang.

Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang

Sejumlah warga terlihat mulai mengenakan masker untuk menghindari debu yang mulai beterbangan di udara. Warga di Jembrana mulai mengeluhkan karena ketebalan abu vulkanik tersebut.

"Warga mulai mengeluh karena mengganggu pandangan, pernapasan, dan kelilipan debu," kata Divi seorang warga kepada VIVA.co.id, Kamis 9 Juli 2015.

Hal senada dituturkan Nyoman. Ia menyebut telah menyiapkan masker untuk keluarganya karena tebalnya debu. "Lumayan tebal debunya. Jadi, saya siapkan masker, takut mengganggu pernapasan," kata Nyoman.

Ingin Rayakan HUT RI di Puncak Gunung, Waspadai Ini

Aktivitas Gunung Raung yang terus menyemburkan material abu vulkanik juga membuat radius zona bahaya diperluas hingga 6 kilometer. Warga yang tinggal di pemukiman terdekat di kawasan Gunung Raung telah siap diungsikan.

Gunung Raung sedang meletus dengan tipe strombolian. Tipe strombolian adalah gunung api yang letusannya mengeluarkan lava yang cair tipis, tekanan gas yang sedang, dan letusannya mengeluarkan material padat, gas, serta cairan. Umumnya, letusan ini tidak terlalu kuat, namun bersifat terus-menerus, dan berlangsung lama.

Pagi Ini Bandara Ngurah Rai Kembali Ditutup
Gunung Raung

Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada

Masyarakat diimbau tidak beraktivitas pada radius dua kilometer.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2015