Siang Ini, Bandara Ngurah Rai Mulai Dibuka

Abu Vulkanik Gunung Raung Ganggu Penerbangan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id - Setelah penutupan akses penerbangan selama 30 jam. Otoritas Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar Bali, akhirnya membuka bandara dan penerbangan.

Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang

General Manajer PT Angkasa Pura I Gusti Ngurah Rai, Trikora Harjo menuturkan, hari ini bandara terbesar di Bali kembali beroperasi secara normal.

"Sudah beroperasi secara normal sejak pukul 10.00 WITA," kata Trikora saat dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 11 Juli 2015.

Ingin Rayakan HUT RI di Puncak Gunung, Waspadai Ini

Bandara Ngurah Rai dua kali mengalami penutupan. Dengan begitu, penutupan Bandara Ngurah Rai telah mengalami dua kali perpanjangan. Menurut Trikora, penutupan bandara dilakukan sejak Kamis malam pukul 23.30 WITA dan dibuka Jumat pagi pukul 06.30 WITA . Namun penutupan diperpanjang hingga pukul 21.30 WITA Jumat malam.

"Sekarang semua sudah lancar beroperasi. Tidak ada gangguan," kata Trikora.

Menurut laporan tvOne, mulai pukul Sabtu, 11 Juli 2015 pukul 10.00 WITA, aktivitas bandara tersebut mulai dibuka. Meski dibuka mulai pukul 10.00 waktu setempat, namun penerbangan pertama dari bandara tersebut akan dimulai pukul 12.00 waktu setempat.

Dilaporkan meski sudah mulai dibuka, namun aktivitas bandara belum bisa berjalan sepenuhnya. Penumpukan calon penumpang terlihat di sejumlah loket bandara.

Penutupan aktivitas badnara tersebut menyusul erupsi Gunung Raung di Jawa Timur. Tercatat 227 penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai terdampak dari aktivitas vulkanik tersebut.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sebaran abu vulkanik ke timur-tenggara dari kawah G.Raung telah menyebabkan 5 bandara ditutup.

Setelah Lima Jam Ditutup, Bandara Ngurah Rai Dibuka Kembali

Berdasarkan berdasarkan Notice to Airmen (Notam) yang dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan maka 5 bandara yang ditutup yaitu  Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali; Bandara Internasional Lombok; Bandara Selaparang, Lombok; Bandara Blimbingsari, Banyuwangi; dan Bandara Notohadinegoro, Jember.

Gunung Raung

Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada

Masyarakat diimbau tidak beraktivitas pada radius dua kilometer.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2015