Begini Respons Sultan Soal Pengumuman Sultan HB XI

Sri Sultan HB X dan permaisuri GKR Hemas di Keraton Yogya, Jumat (8/5/2015)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Regina Safri
VIVA.co.id
Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo
- Sultan Hamengku Bawono ke Sepuluh mengaku belum mengetahui kabar pengukuhan adik tirinya, Gusti Prabukusumo, menjadi Sultan Hamengkubuwono ke Sebelas.

Lagi, Calon Penumpang Pesawat Ngaku Bawa Bom

"Saya belum baca berita. Belum mendengar ada acara tersebut (pengukuhan Sultan HB XI)," ujar Sultan di Yogyakarta, Senin 13 Juli 2015.
Polda Yogya Bantah Tangkap Menantu Sultan Terkait Narkoba


Ia pun juga mempertanyakan jika memang telah ada pengukuhan baru, maka patut dipertanyakan paguyuban mana yang telah mengesahkannya.


"Mungkin mereka yang lebih tahu dari pada kita. Dari mana paguyuban nya itu (yang mengukuhkan)," ujar Sultan.


Pada Minggu 12 Juli 2015, Gusti Prabukusumo, adik tiri Sultan, diumumkan sebagai Sultan Hamengkubuwono ke Sebelas dengan gelar Kanjeng Gusti Adipati Anom. Pengukuhan Gusti Prabukusumo dilakukan oleh Paguyuban Trah Ki Ageng Giring dan Pemanahan di Ambar Ketawang, Gamping, Sleman.


Sebelumnya, Gusti Prabukusumo membantah dinobatkan sebagai Sultan Hamengkubuwono ke Sebelas. Ia menilai bahwa pengukuhan itu ilegal, karena tidak pernah dikomunikasikan dengan saudaranya.


"Saya malah tidak tahu apa apa. Kalau hanya mendukung tentu sah-sah saja. Namun jika ada pegukuhan sultan ke sebelas. Tentu menjadi ilegal karena pengangkatan Sultan ada mekanisme sendiri di lingkup keluarga keraton," ujar dia. (ren)




Nuryanto / Yogyakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya