Pemerintah Diminta Libatkan Sains dalam Kalender Islam

Gedung Lapan
Sumber :
  • geolocation.ws
VIVA.co.id
Ini Isi Surat Lapan untuk Pemerintah Soal Kalender Islam
- Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, Kamis, 16 Juli 2015, mengatakan sains cukup berperan dalam menentukan kalender Islam Indonesia.

Lapan: Kalender Islam yang Mapan Menyatukan Perbedaan

Dikatakan Thomas, Lapan sebagai lembaga pemerintah nonkementerian, punya kemampuan dalam bidang sains antariksa, sehingga dapat memberi solusi atas masalah perbedaan kalender Islam di Indonesia.
Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini


"Substansi perbedaan bukan lagi masalah fikih, yang menjadi ranahnya para ulama. Substansi persoalan sudah bergeser ke masalah kalender yang menjadi ranahnya sains," kata Thomas, yang dikutip dari laman blok pribadinya.


Thomas menyebut Lapan telah mengirimkan surat pada pemerintah, untuk melibatkan sains dalam penentuan kalender Islam Indonesia, pada awal Ramadhan 1436 Hijriah.


Surat disebut Thomas dikirim kepada Menteri Agama, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua PP Muhammadiyah, Ketua PB Nahdlatul Ulama dan Ketua PP Persatuan Islam, dengan tembusan kepada Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.


"Surat saya tandatangani sebagai Kepala Lapan, bertanggal 12 Juni 2015. Sebagai bagian edukasi publik terkait dengan peran sains antariksa secara umum, dan peran Lapan secara khusus bagi masyarakat," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya