Juanda Ditutup Lagi, 41 Penerbangan Garuda Dibatalkan

Pesawat Garuda Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id - Penutupan operasional Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo dan Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang, Jawa Timur, diperpanjang lagi hingga pukul 12.00 WIB, Jumat, 17 Juli 2015. Penutupan masih akibat abu erupsi Gunung Raung di Bondowoso, Jawa Timur.
Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada

Ada 41 penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari dan menuju Bandara Juanda yang dibatalkan akibat penutupan itu. Di antaranya, penerbangan Surabaya–Balikpapan, Banjarmasin-Surabaya, Jakarta–Surabaya, Surabaya–Denpasar, dan Surabaya–Ujung Pandang.
Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang

Dikutip dari siaran pers Garuda Indonesia, operasional penerbangan dari dan menuju Surabaya pada Jumat, 17 Juli 2015, setelah pukul 12.00 WIB, akan disesuaikan dengan pemberitahuan terbaru dari otoritas penerbangan perihal dibuka atau tidaknya Bandara Internasional Juanda Surabaya.
Ingin Rayakan HUT RI di Puncak Gunung, Waspadai Ini

Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang setelag penutupan Bandara Juanda, Garuda menyiapkan dua pesawat wide body (berbadan besar) Boeing 747-400 dan satu Airbus 330 untuk mengangkut penumpang yang penerbangannya terdampak akibat aktivitas erupsi Gunung Raung.

“Penerbangan dengan pesawat itu akan mulai diberangkatkan pada pukul 12.30 WIB setelah Bandara Internasional Juanda Surabaya resmi dibuka,” kata Pelaksana Harian Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, M. Ikhsan Rosan, dalam siaran pers itu.

Garuda Indonesia, kata Ikhsan, juga menawarkan opsi pengalihan rute penerbangan dengan tujuan Solo bagi para penumpang yang jadwal penerbangannya terkena dampak pembatalan.

Sebelumnya, setelah dikeluarkannya Notice to Airman (Notam) nomor A1450 terkait penutupan Bandara Juanda hingga pukul 06.00 WIB hari ini, sebanyak 11 penerbangan Garuda dari Jakarta ke Surabaya dan 48 penerbangan dari dan ke Surabaya dibatalkan. 

Selain penerbangan dari dan menuju Surabaya, hingga kini seluruh penerbangan Garuda dari dan menuju Bandara Abdul Rachman Saleh Malang, Bandara Belimbingsari Banyuwangi, dan Bandara Notohadinegoro Jember juga tidak dapat dioperasikan sebagai dampak peningkatan aktivitas Gunung Raung.
  
“Bagi para penumpang yang telah memiliki jadwal penerbangan dari dan menuju kota-kota tersebut dapat melakukan penjadwalan ulang maupun penyesuaian rute penerbangannya tanpa dikenakan biaya,” kata Ikhasan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya