Pembakaran Musala, Ketua DPR Minta Polisi Bertindak Cepat

Ketua DPR Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Setya Novanto, mengingatkan semua pihak tidak mengaitkan aksi pembakaran musala saat salat Idul Fitri di Papua, dengan hal yang memicu adanya konflik. Ketua DPR minta semua pihak untuk berhati-hati dalam menyikapi peristiwa tersebut.

"Kami mengimbau seluruh pihak, keluarga yang ada di Papua, jadikan masalah ini hati-hati. Jangan dikaitkan dengan politik, agama, suku dan arah-arah sosial," kata Novanto di kawasan Kuningan, Jakarta, Jumat 17 Juli 2015.

Novanto meminta pihak kepolisian untuk bekerja cepat dalam mengungkap peristiwa tersebut. Jangan sampai imbas dari kasus ini menyebar luas di masyarakat.

Ini Dua Kasus Intoleransi Paling Parah di Indonesia

"Kebakaran ini saya minta pihak kepolisian menindaklanjuti. Karena ini terjadi di Hari Raya, tentu kita harapkan kebakaran ini Kapolda mencari jalan untuk mengungkap penyebabnya," ujar Novanto.

Selain itu, politikus Golkar ini berharap agar musala yang terbakar tersebut merupakan ketidaksengajaan. Pasalnya, apabila ada unsur kesengajaan, tidak menutup kemungkinan hal itu dapat mengganggu kenyamanan antar suku dan agama. Tak hanya di Papua, tapi di Tanah Air.

"Mudah-mudahan ini murni kebakaran bukan karena disengaja agar tidak mengganggu kenyamanan antar agama satu yang lain, supaya tercipta bersatu demi kebangkitan bangsa dan negara," tuturnya.

Seperti diketahui, saat umat Islam di Karubaga, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua, menjalankan salat Idul Fitri, Jumat 17 Juli 2015, pukul 07.00 WIT, tiba-tiba diserang oleh sekelompok orang.

Penduduk yang sedang melakukan ibadah, memilih menghindar dan berlindung di Koramil dan Pos 756/WMS. Selain musala, beberapa kios yang ada di sekitar tempat ibadah turut dibakar massa. [Baca ]

Ribuan Umat Muslim Ikuti Maulid Nabi di Istiqlal

Pemerintah Diminta Tak Diskriminasi Umat Islam

Umat Islam cenderung diperlakukan tidak adil oleh Pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2015