Aliansi Alim Ulama Indonesia Sesalkan Insiden Tolikara

Kerusuhan Tolikara Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita (Papua)

VIVA.co.id - Aliansi Alim Ulama Indonesia (AAUI) meminta Dewan Gereja Indonesia memanggil pengurus Gereja Injili di Indonesia (GIDI) dan meminta pertanggung jawaban atas perusakan dan pembakaran Musala di Kabupaten Tolikara, Papua saat berlangsungnya Salat Idul Fitri 1436 hijriah.

"Kami presidium AAUI sangat menyesalkan yang sedalam-dalamnya dengan terjadinya insiden Tolikara, yang meretakkan kerukunan umat beragama di Indonesia," ujar residium AAUI dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Sabtu 18 Juli 2015.
 
Berikut pernyataan keras AAUI terhadap serangan GIDI:
 
1. Mengutuk keras kelompok penyerang yang telah melanggar hukum dan prinsip-prinsip toleransi di negeri ini. Apalagi dengan semakin besarnya toleransi yang diberikan oleh kaum Muslimin.

Ini Dua Kasus Intoleransi Paling Parah di Indonesia

2. Mendesak aparat keamanan (Polri) segera menangkap para pelakunya dan memproses mereka secara hukum dengan secepat-cepatnya.

3. Menghimbau para tokoh Muslim agar menenangkan dan mengontrol umat dan anggotanya untuk tidak melakukan tindakan pembalasan.

MUI: Polisi Tak Adil Tangani Kasus Tolikara dan Aceh Singkil

4. Mendesak majelis agama dan para tokoh Kristen agar serius mendidik umatnya untuk menghargai hukum dan  toleransi yang diberikan oleh kaum Muslimin yang mana mereka mayoritas mutlak di negeri ini.

5. Menghimbau semua pihak agar mewaspadai pihak-pihak tertentu yang bermain, mengadu domba antar umat beragama dan menjadikan sentimen agama sebagai komoditas politik, yang akan merusak stabilitas nasional.

PGI: Kasus Aceh Singkil dan Tolikara Ada Kesamaan Pola

6. Meminta Dewan Gereja Indonesia memanggil pengurus GIDI, minta pertanggung jawaban atas suratnya, memberi sanksi tegas terhadap oknum pengurus GIDI dan menyerahkan mereka ke pihak yang berwajib.

7. Menghimbau kepada tokoh-tokoh Islam, Kristen dan agama-agama lain, agar mengedepankan kerukunan antarumat beragama dan menjaga toleransi beragama, dalam rangka untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang beradab dan berkemanusiaan.

Ribuan Umat Muslim Ikuti Maulid Nabi di Istiqlal

Pemerintah Diminta Tak Diskriminasi Umat Islam

Umat Islam cenderung diperlakukan tidak adil oleh Pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2015