Menag: Penyebab Kerusuhan di Tolikara Masih Didalami

penetapan 1 syawal 1436 h
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020
- Menteri Agama Lukman Hakim Syarifudin mengatakan, akan mendalami dan melakukan penyelidikan mengenai kerusuhan di Tolikara, Papua, terkait masalah agama atau tidak.

"Ini yang sedang didalami, pihak kepolisian kita sedang mendalami dan lakukan penyelidikan. Kami dari Kemenag juga sudah menerjunkan tim untuk mencari tahu akar masalah," ujarnya di Jakarta, Minggu, 19 Juli 2015.

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL

Menurut dia, permasalahan sosial itu biasanya tidak tunggal, karena masalah sosial faktor penyebabnya selalu beragam.

"Ini yang sedang dicoba dan digali agar kita mendapatkan gambaran yang lebih utuh apa yang terjadi, apakah penyebabnya dan seterusnya," ujarnya menambahkan.

Pendidikan di Kawasan Indonesia Timur Masih Timpang

Kementerian Agama sudah melakukan rapat koordinasi terbatas tingkat nasional yang dipimpin oleh Menkopolhukam.

"Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kapolri, Kepala BIN. Saya selaku Menteri Agama, perwakilan Kemendagri lalu Panglima TNI," ujar Lukman.

Ia menjelaskan, dalam rapat koordinasi tersebut intinya pemerintah akan menegakan hukum.

"Jadi pihak-pihak yang terbukti sebagai pelaku tindak kekerasan, pembakaran, perusakan termasuk juga aktor intelektual di balik itu akan diusut dan diselidiki serta akan diproses hukum, itu komitmen kita," ujarnya menegaskan.

Pemerintah juga akan berkomitmen melakukan rehabilitasi, terkait bangunan fisik, seperti musala, kios-kios dan rumah penduduk yang terbakar serta korban luka yang ada di rumah sakit.

"Lalu pemerintah juga memikirkan bagaimana kembali mengembalikan kerukunan umat beragama di sana. Di sinilah porsi Kementerian Agama, kita akan mengintensifkan pertemuan-pertemuan dan dialog dengan tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga aparat setempat baik aparat keamanan pusat maupun aparat daerah."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya