Kejagung Siap Telusuri Rekam Jejak Calon Kepala Daerah

Survei LSI Tentang Perppu Pemerintah Mengenai Pilkada
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Kejagung Setop Penanganan Kasus Pajak
- Kejaksaan Agung siap menelusuri rekam jejak para calon kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015. Langkah itu untuk memastikan agar calon bersih dan bebas dari kasus hukum.

Kejagung: Proses Hukum Mati Titus Sudah Benar

"Kejaksaan akan memastikan semua calon kepala daerah itu bersih tidak ada catatan tindak pidana atau apa pun," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Tony Spontana di Semarang, Selasa 28 Juli 2015.
Ahok Maju Lewat Parpol, Bagaimana Nasib 1 Juta KTP?


Menurutnya, hasil penelusuran rekam jejak terhadap para calon akan bisa dikongkritkan dengan syarat yang dibuat Komisi Pemilihan Umum. Jangan sampai ada calon pimpinan daerah setelah menjabat sebagai bupati/wali kota tersandera kasus hukum di kemudian hari.


"Ini akan berpengaruh kepada keabsahan persyaratan yang bersangkutan sebagai calon pemimpin," katanya.


Berdasarkan pengalaman, inisiatif penelusuran para calon kepala daerah ini pernah diusulkan oleh sejumlah Partai Politik dan masyarakat kepada kejaksaan. Pihaknya menyambut baik usulan tersebut dalam rangka menindaklnjuti laporan masyarakat.


"Banyak yang menyodorkan, tolong pak diteliti apakah ini (calon) bersih dari catatan perkara atau tidak. Maka mekanisme itu kita nilai bagus," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya