Jadi Saksi Dwelling Time, Dirjen Kemendag Di-nonaktif-kan

Gedung kementerian Perdagangan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri dari Kementerian Perdagangan, Partogi Pangaribuan, dibebastugaskan oleh instansinya. Ini bertujuan agar mempermudah pemeriksaan terkait kasus permainan dwelling time (masa bongkar muat) di Pelabuhan Tanjung Priok. Masalah ini membuat Presiden Joko Widodo gusar beberapa waktu lalu.

Kementerian Perdagangan pun menunjuk Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih, sebagai pelaksana tugas (Plt) Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan.

"Tadi, secara lisan, saya mendapat arahan sebagai Plt. Dirjen Perdagangan Luar Negeri," kata Karyanto kepada wartawan di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu 29 Juli 2015.

Dia mengatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan surat resmi yang meminta Karyanto untuk menggantikan Partogi. "Tapi, saya belum mendapatkan surat perintahnya," kata Karyanto.

Selain itu, lanjut dia, Partogi diperiksa oleh polisi masih sebatas saksi. "Yang saya lihat itu surat pemeriksaan kepada Pak Dirjen itu menjadi saksi," kata Karyanto.

Bongkar Muat di Tanjung Priok Dijanjikan Dua Hari

Sebelumnya penyidik Polda Metro Jaya menggeledah kantor Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Selasa, 28 Juli 2015. Penyidik menyita beberapa dokumen dari ruangan yang berada di lantai sembilan tersebut.

Sementara Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengatakan penyidik sedang mendalami kasus Dwelling Time yang melibatkan pejabat Kemendag. Bahkan, Kapolda mengatakan, polisi sudah menetapkan 3 tersangka dalam kasus ini.

Kontainer Nginap Lebih 2 Hari Akan Didenda Rp5 Juta/Hari

"Kita sudah menetapkan tersangka, satu di antaranya jabatan Kasubdit," ujar Tito, Rabu, 29 Juli 2015.

Ketiga tersangka itu antara lain, Pekerja Harian Lepas (PHL) Kemendag berinisial N yang disebut Kapolda sebagai "orang dalam". Lalu seorang pekerja importir, berinisial MU. Sedangkan satu pejabat Kemendag yang ditangkap adalah Kepala Sub-Direktorat di Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, yang berinisial I. (ren)

Tekan Dwelling Time, Tiga Pelabuhan Banten Diberdayakan
Operasi logistik

Menguak Persoalan Utama Logistik Nasional

Berkutat pada dwelling time bukan solusi untuk sektor logistik.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2016