Muktamirin Muhammadiyah Pilih 13 Nama

Muktamar Muhammadiyah 47
Sumber :
  • Muhammadiyah.or.id
VIVA.co.id
Pilkada Serentak, Muhammadiyah Akan Netral
- 2.568 muktamirin pada Muktamar ke-47 Muhammadiyah yang digelar di Makassar, akan memberikan pilihannya. Panitia akan menyediakan 20 bilik dan 10 kotak suara. Ribuan muktamirin akan memilih 13, dari 39 nama yang ada pada kotak suara.

Muhammadiyah Dukung Busyro Muqoddas Jadi Pemimpin KPK

Selanjutnya, panitia akan melakukan penghitungan online malam hari nanti. Kerja panitia didukung dengan 15 unit komputer yang sudah tersedia di arena muktamar.
NU-Muhammadiyah Sinergikan Islam Nusantara-Islam Berkemajuan


"Pemilihan akan dilakukan secara manual. Tetapi, penghitungan suaranya dilakukan secara elektronik," kata Dahlan Rais, Ketua Panitia Pemilihan Muktamar Ke-47 Muhammadiyah, seperti dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Rabu 5 Agustus 2015.


Masing-masing komputer akan dihuni tiga orang yang terdiri dari peng-input data, saksi, dan seorang panitia. "Saya harap, tidak ada kendala listrik," ujar Dahlan Rais.


Ada pun teknis pemilihan akan dilakukan, dengan cara memanggil peserta secara berurutan mulai dari Provinsi Aceh hingga Papua. Selanjutnya, mereka akan memberikan suaranya di bilik suara yang sudah disediakan panitia.


Peserta yang akan memberikan suaranya adalah perwakilan setiap Kabupaten dan Kota di Provinsi terkait.


"Di setiap bilik pemilihan, disediakan tiga komputer untuk mengentri data yang dikerjakan oleh mahasiswa," katanya.


Sementara itu, 39 nama anggota tetap Muhammadiyah yang akan dipilih muktamirin disiapkan berdasarkan urutan alfabetis. Untuk mengenal lebih jauh tentang profil calon yang akan dipilih, panitia bahkan sudah menyebarkan buku biodata 39 nama anggota tetap Muhammadiyah untuk menjadi pertimbangan pemilihan di bilik suara.


"Tata tertib tata cara pemilihan ini sudah diputuskan pada rapat Tanwir tahun lalu, sehingga sudah final," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya