Tanggalkan Bintang, Ronny Sompie Resmi Jabat Dirjen Imigrasi

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVA.co.id - Ronny Franky Sompie resmi menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Senin, 10 Agustus 2015. Ronny meminta dukungan semua pihak untuk melanjutkan karier di Kementerian Hukum dan HAM.

Pantau Lalu Lintas Orang Asing, Menko Luhut Panggil Imigrasi

"Saya, atas izin Bapak Menteri mengucapkan terimakasih atas dukungan rekan media yang berkaitan dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi), dan saya juga bangga dengan teman-teman saya di Direktorat Jenderal Imigrasi yang sudah bekerja dengan sangat keras selama ini," kata Ronny Sompie di Graha Pengayoman, Jakarta.

Dengan dilantiknya Ronny sebagai Dirjen Imigrasi, itu artinya, mantan Kadiv Humas Polri ini resmi menanggalkan jabatannya sebagai Kapolda Bali, dan melepaskan pangkat bintang dua di pundaknya. Lulusan akademi kepolisian tahun 1984 ini juga harus rela melapaskan keanggotannya dari Polri
Imigrasi Akan Cabut Paspor Buronan Terduga Pengikut ISIS

Sementara itu, mengenai siapa yang akan menggantikannya sebagai Kapolda Bali kelak, Ronny Sompie tak banyak bicara. Menurut dia, posisi tersebut sepenuhnya kewenangan Kapolri.
WN Rusia dan Jerman Ini Jadi Incaran Imigrasi

"Jabatan saya berikut, masih menunggu perintah Bapak Kapolri. Kalau saya kan sudah melaksanakan tugas di sini, kan sudah alih status. Saya sudah mendapatkan NIP (Nomor Induk Pegawai)," ujar Rony

Mantan Kepala Biro Pengawas Penyidik Bareskrim Polri ini mengaku masih menunggu arahan Menkumham terkait tugas dan fungsi yang akan dilakukannya ke depan. Ronny juga akan berdiskusi terlebih dahulu dengan rekan-rekan barunya di Direktorat Jenderal Imigrasi

"Setelah acara ini Menteri akan berikan arahan kepada kami. Kemudian kebetulan Seluruh kakanwil dan kepala kantor imigrasi ada di Jakarta. Jadi kami akan adakan pertemuan. Saya kan orang baru di sini, jadi jika ada gagasan kita akan bahas bersama," papar dia.

Menkumham melantik dan memgambil sumpah jabatan Ronny Franky Sompie sebagai Direktur Jenderal Imigrasi. Ronny dilantik bersamaan dengan ketiga Dirjen lainnya yaitu Dirjen Pemasyarakatan, I Wayan Kusmiantha Dusak, Dirjen Peraturan Perundang-undangaan Widodo Eka Tjahja, dan Dirjen Kekayaan Intelektual Ahmad M. Ramli. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya