Bakar Ladang, Seorang Petani Tewas Terpanggang

Penanganan kebakaran hutan dan lahan di Riau
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVA.co.id - Seorang petani ladang di Desa Hative Besar Kota Ambon ditemukan tewas terpanggang di kebunnya sendiri pada Senin malam, 10 Agustus 2015.

Diduga warga bernama Yacob Patinama (58) ini kesulitan bernafas saat membakar ladangnya sendiri. Akibatnya, ia terjebak asap dan ikut terbakar.

Baca Juga:

Dari pengakuan Abigel, istri Yacob, korban sudah berpamitan hendak ke kebunnya sejak Minggu, 9 Agustus 2015. Rencananya, Yacob memang hendak membersihkan tumbuhan liar yang mengganggu kebunnya.

Baca Juga:

"Setelah menunggu sampai sore, sang suami belum pulang, Abigael Patinama meminta ketiga anak mereka bersama warga, mencari ayah mereka di hutan. Sampai di TKP, mereka melihat korban sudah meninggal dengan kondisi badan korban terbakar," ujar Kabag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Iptu Meity Jacobus, Selasa, 11 Agustus 2015.

Baca Juga:

Warga kemudian melaporkan peristiwa itu ke pihak berwajib. Tak lama anggota Polsek Teluk Ambon dan Koramil Baguala menuju tempat kejadian untuk mengevakuasi jenazah pria naas itu.

Kurang Tenaga Pertanian, Indonesia Darurat Pangan

"(Namun) Keluarga menolak otopsi. Jenazah korban sudah dimakamkan," ujar Meity.

(mus)

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
Ilustrasi petani

Indonesia Terancam Krisis Petani

Petani identik dengan kemiskinan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016