Gunung Merbabu Terbakar, Pendaki Diminta Waspada

Gunung Merbabu
Sumber :

VIVA.co.id - Kebakaran hebat melanda hutan di taman nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Api terus membakar hutan pinus dan padang ilalang hingga meluas di dekat perkampungan dua kabupaten, yakni Boyolali dan Magelang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, awal kebakaran terjadi sejak Rabu, 19 Agustus 2015 pukul 13.42 WIB. Api terlihat di Desa Grintingan, Nglencoh, Boyolali.

Identitas Dua Korban Tewas di Kebakaran Swiss-Belhotel

Kemudian titik api meluas di wilayah Dusun Denokan dan Bentrokan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang pada pukul 16.45 WIB.

"Informasi kami, saat ini terpantau ada 11 titik api yang membakar lahan seluas 25 hektar, " kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Arief Budianto saat dikonfirmasi VIVA co.id.

Titik api, kata dia, bahkan telah merembet hingga di atas Dusun Suwanting tepatnya di jalur pendakian Suwanting di desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang yang jaraknya sekitar 4,6 kilometer dari Gardu pandang Ketep.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran di Taman Nasional Merbabu tersebut, namun kebakaran diduga akibat terbakarnya daun kering akibat kemarau panjang yang melanda wilayah pegunungan Merbabu.

Mengantisipasi agar api tak meluas di wilayah pegunungan di kabupaten Semarang, pihak BPBD Kabupaten Semarang  bekerjasama dengan jajaran SAR (Search and rescue) untuk siaga penuh.

"Untuk sementara, kebakaran masih berada di perbatasan kabupaten Boyolali dan Magelang. Belum sampai di wilayah hutan kabupaten Semarang, " kata dia.

Arief mengatakan, beberapa anggota tim SAR dan BPBD kabupaten Semarang akan segera membantu memadamkan api di Taman Nasional Merbabu di dua kabupaten.  "Kita sudah intruksikan anggota. Besok kami berangkat ke lokasi bersama teman-teman SAR untuk membantu," katanya.
   
Demi mencegah kebakaran seiring musim kemarau ini, ia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan petugas di pos jalur pendakian Gunung Merbabu dari Kabupaten Semarang, yakni di Desa Tekalan dan Desa Cuntel, Getasan untuk tidak sembarangan menyulut api.

"Pendaki diimbau tidak membuang puntung rokok sembarangan dan jika membuat api unggun tidak boleh ditinggal begitu saja, " ujar dia.

Kondisi Hotel SwissBell, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pasca kebakaran.

Dua Pekerja Tewas, Proyek Hotel Swiss Bell Dihentikan

Polisi akan mendalami apakah ada indikasi kelalaian dari pekerja.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016