Kapolri: Pencopotan Buwas Tergantung Wanjakti

Presiden Jokowi Silahturahmi Idul Fitri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf
VIVA.co.id
PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta
- Kepala Kepolisian Jenderal Badrodin Haiti menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada pencopotan kepada Komjen Pol Budi Waseso sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. 

Saingi Ahok, Pendukung Budi Waseso Mulai Dekati PDIP
Walau begitu, dia mengaku bahwa kini sedang dalam pembahasan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti). Sehingga pencopotan itu tergantung pada hasil sidang.

Puluhan Warga Dukung Buwas Maju di Pilkada Jakarta
"Tergantung pada wanjak," kata Badrodin, menuju Istana Merdeka, Rabu 2 September 2015.

Dia mengatakan, proses di wanjakti adalah rutin dilakukan. Dia mencontohkan, kekosongan Kapolda Bali beberapa waktu lalu.

Namun dia tidak memberi keterangan rinci, apakah di wanjakti itu termasuk untuk posisi Kabareskrim. "Tergantung wanjat," katanya lagi.

Komjen Budi Waseso dikabarkan dicopot karena dianggap mengganggu situasi ekonomi. Salah satu yang dilakukan Komjen Buwas, biasa ia disapa, adalah menggeledah ruangan Dirut Pelindo II Richard Joost Lino pada Jumat 28 Agustus 2015.

Akibat ini, Lino sempat mengancam mundur. Menteri BUMN Rini Soemarno juga mengaku saat itu menghubungi Kapolri. Sementara Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil juga menghubunginya.

Sementara Budi menegaskan bahwa penggeledahan yang dilakukan itu murni untuk penegakan hukum, bukan menganggu situasi ekonomi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya